Simak Nih! 7 Kekurangan pada Motor Matic Yamaha Nmax Turbo

Simak Nih! 7 Kekurangan pada Motor Matic Yamaha Nmax Turbo

Simak Nih! 7 Kekurangan pada Motor Matic Yamaha Nmax Turbo-yamaha-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kekurangan pada motor matic Yamaha Nmax Turbo, membuatnya kurang cocok untuk digunakan di jalanan yang sempit dan berliku.

Yamaha Nmax Turbo varian terbaru dari pabrikan berlambang garpu tala ini, menjadi primadona baru di tahun 2024. Kehadirannya langsung menyita perhatian para pecinta skuter matic, khususnya yang mendambakan performa buas.

Dengan embel-embel "Turbo," tentu saja daya tarik utama Nmax terbaru ini terletak pada tenaga mesin yang dijanjikan lebih galak.



Ditambah lagi dengan fitur canggih yang kemungkinan besar turut dibawa serta, menjadikan Nmax Turbo semakin menggoda. Namun layaknya pepatah "tak ada gading yang tak retak," di balik performa gahar yang ditawarkan.

BACA JUGA:Pengaruh Perawatan Berkala terhadap Umur Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Eksplorasi Fitur Keselamatan Terkini pada Motor Matic Modern

Nmax Turbo  juga memiliki beberapa kekurangan, yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan meminangnya. Berikut 7 kekurangan pada motor matic Yamaha Nmax Turbo:

1. Harga yang Menguras Kantong

Kekurangan pertama yang langsung menjadi pertimbangan utama adalah banderol Nmax Turbo. Dibandingkan dengan sang pendahulu, Nmax standar, harga Nmax Turbo dipastikan melambung tinggi.

Selisih harga yang signifikan ini, mungkin menjadi halangan bagi sebagian orang yang mencari motor matic dengan harga terjangkau. Wajar saja, teknologi turbocharger yang dibenamkan pada mesin Nmax, tentu menambah ongkos produksi.

Jika Anda memiliki budget terbatas, Nmax standar dengan harga yang lebih bersahabat mungkin menjadi pilihan yang lebih realistis.

2. BBM Lebih Boros

Mesin turbo memang identik dengan tenaga yang buas. Sayangnya,  konsekuensi dari tenaga besar tersebut adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros.  

BACA JUGA:7 Penyebab Suara Suara Mesin Motor Matic Kasar yang Harus Dipahami

BACA JUGA:Tips Anti Boncos ! Inilah yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Motor Matic Bekas

Menurut beberapa pengujian yang beredar di dunia maya, Nmax Turbo memiliki angka konsumsi BBM yang lebih tinggi dibandingkan Nmax standar. Hal ini bisa dimaklumi karena mesin turbo membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih besar, untuk menghasilkan tenaga ekstra.

Bagi Anda yang mementingkan efisiensi bahan bakar dan sering bepergian jauh, Nmax standar dengan konsumsi BBM yang lebih irit mungkin menjadi pilihan yang lebih bijak.

3. Handling Berat

Nmax Turbo memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan Nmax standar. Hal ini dikarenakan adanya penambahan komponen turbocharger, dan kemungkinan penguatan pada beberapa sektor mesin untuk bisa menopang tenaga yang lebih besar.

Dampak dari bobot yang lebih berat ini bisa dirasakan pada handling Nmax Turbo. Motor ini mungkin terasa lebih berat saat bermanuver di kecepatan rendah.

BACA JUGA:Dampak Terlalu Sering Gonta-Ganti Merk Oli Motor Matic

BACA JUGA:8 Rekomendasi Oli Terbaik untuk Motor Matic yang Ada di Indonesia

Misalnya ketika sedang  mencari parkir atau melewati jalanan yang padat dan sering belok. Sebaliknya bobot yang lebih berat ini juga memberikan keuntungan, berupa pengendalian yang lebih stabil terutama saat memacu Nmax Turbo di kecepatan tinggi.

4. Suspensi Keras

Suspensi pada Nmax Turbo kemungkinan besar disetting lebih rigid atau keras, dibandingkan Nmax standar. Tujuannya adalah, untuk memberikan pengendalian yang lebih stabil saat motor dipacu kencang.  

Alhasil, bantingan suspensi Nmax Turbo mungkin terasa lebih keras, sehingga  kenyamanan berkendara, terutama di jalanan yang tidak rata.  Jika Anda  sering melewati jalan berlubang atau rusak, suspensi yang lebih empuk seperti pada Nmax standar mungkin akan terasa lebih nyaman.

5. Kapasitas Bagasi yang Lebih Kecil

Meskipun memiliki dimensi yang secara kasat mata terlihat lebih bongsor, Nmax Turbo  justru memiliki kapasitas bagasi yang lebih kecil dibandingkan Nmax standar.  Hal ini dikarenakan sebagian ruang bagasi Nmax Turbo, digunakan untuk menempatkan turbocharger dan komponen pendukungnya.  

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Maksud dari Modifikasi Kirian pada Motor Matic, Menyelami Ubahan Performa CVT

BACA JUGA:Keren Banget! 7 Fitur Canggih Motor Matic All New Honda Beat Street, Buat Anak Muda Terpukau

Bagi Anda yang  sering membawa barang bawaan yang cukup banyak, seperti helm full face ekstra besar atau perlengkapan touring. Kapasitas bagasi Nmax Turbo yang lebih terbatas ini, mungkin menjadi kekurangan yang cukup signifikan.

6. Deru Mesin yang Gahar

Mesin turbo pada Nmax Turbo pasti akan menghasilkan suara yang lebih bising, dibandingkan dengan mesin Nmax standar. Suara desis atau blow-off dari turbocharger  bisa menjadi ciri khas tersendiri, dan menambah kesan gahar.  

Namun bagi sebagian orang yang menginginkan motor matic yang senyap dan minim kebisingan, suara mesin Nmax Turbo yang lebih berisik ini justru bisa menjadi gangguan.

7. Fitur Keamanan yang Perlu Dicermati

Menurut beberapa sumber,  Nmax Turbo disebutkan tidak dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan yang terdapat pada Nmax standar. Seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS).  

BACA JUGA:Simak Nih! 7 Kecanggihan Motor Matic Adventure Honda ADV 350 2024

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Tips Agar Rem Motor Matic Tidak Mengalami Blong

ABS berfungsi untuk mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak, sehingga membantu pengendara menjaga kontrol dan mencegah tergelincir. Sedangkan TCS berfungsi untuk mencegah roda belakang kehilangan traksi, saat akselerasi di jalan licin.

Ketidakhadiran fitur-fitur penting ini pada Nmax Turbo, tentu perlu menjadi pertimbangan serius. Terutama bagi Anda yang  memprioritaskan keselamatan dalam berkendara.

Adanya 7 kekurangan pada motor matic Yamaha Nmax Turbo, perlu dipertimbangkan dengan seksama sebelum Anda memutuskan untuk meminangnya.  Yamaha Nmax Turbo  memang menawarkan performa yang menggoda dan fitur-fitur canggih, namun Anda tetap harus mempertimbangkannya lagi. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: