Akibat Bakaran Sampah, Lahan di Kecamatan Maos Cilacap Terbakar

Akibat Bakaran Sampah, Lahan di Kecamatan Maos Cilacap Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Cilacap berupaya memadamkan api kebakaran lahan di Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Kamis (20/6/2024).-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kebakaran terjadi di kompleks gudang Guntur Madu RT 01 RW 02 Desa Karangreja Kecamatan Maos Kabupaten CILACAP, Kamis (20/6/2024).

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Cilacap, Supriyadi mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu, dua orang saksi yang merupakan buruh di tempat tersebut sedang membersihkan rumput.

"Dua orang saat itu sedang membersihkan rumput di parkiran PT Guntur Madu. Kemudian membakarnya di dekat tumpukan kayu pallet dan ban bekas," katanya.

Usai membakar sampah tersebut, keduanya beristirahat dan meninggalkan rumput yang terbakar tersebut. Selang beberapa waktu kemudian, saksi lainnya melihat adanya tumpukan kayu pallet dan ban bekas tersebut terbakar.

BACA JUGA:Ribuan Jiwa di Cilacap Terdampak Kekeringan, 105 Desa Alami Kekeringan

BACA JUGA:Tiga Orang Jamaah Haji Asal Cilacap Meninggal Dunia di Tanah Suci

"Yang melihat kebakaran, langsung memanggil buruh lain dan kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," katanya.

Api yang tidak terkendali, membuat mereka kewalahan. Kemudian menghubungi Damkar Kroya dan Damkar Pertamina Lomanis Cilacap untuk membantu pemadaman. 

"Selang 40 menit, kemudian datang tiga mobil pemadam kebakaran milik UPT pemadam kebakaran Kroya dan Kabupaten Cilacap serta Damkar Pertamina Lomanis Cilacap," ujarnya.

Upaya pemadaman terus dilakukan hingga mamakan waktu lebih dari dua jam. Pada pukul 14.00 WIB api tersebut dipastikan sudah padam dengan menghabiskan air sebanyak 1.000 liter.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp 1.500.000. "Kebakaran ini disebebkan karena kelalaian pekerja yang membakar sampah rumput. Jadi perlu diperhatikan. Saat ini musim kemarau angin kencang jadi rumput-rumput kering mudah terbakar," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: