Libur Cuti Bersama Idul Adha, Kunjungan Wisatawan di Purbalingga Tak Ada Lonjakan

Libur Cuti Bersama Idul Adha, Kunjungan Wisatawan di Purbalingga Tak Ada Lonjakan

Pengunjung di Owabong Waterpark Purbalingga tak ada lonjakan.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Libur cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1445 H, tidak berdampak pada geliat pariwisata di Kabupaten Purbalingga. Jumlah kunjungan wisatawan relatif sama ketika hari libur, pada biasanya. 

Hal itu diungkapkan oleh sejumlah pengelola wisata yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga. Pengelola Sanggaluri Park Purbalingga Bambang Adi mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata yang dikelolnya tak ada peningkatan yang siginifikan, selama libur cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1445 H.

"Di tempat kami berbeda dengan objek wisata lainnya. Jumlah kunjungan justru lebih banyak saat hari biasa atau weekdays dibandingkan hari libur akhir pekan (weekend, red)," katanya, 

Hal serupa menurutnya, juga terjadi pada momen libur Hari Raya Idul Fitri. "Hal itu karena konsep wisata kami berbeda dengan objek wisata lainnya, yakni wisata edukasi," ujarnya.

BACA JUGA:Meriah, Kirab Budaya Bersih Sumber Owabong Purbalingga

BACA JUGA:Selain Kolam Renang, Inilah 5 Wahana Sewu Owabong Purbalingga yang Harus Dicoba!

Tak adanya lonjakan jumlah wisatawan juga terjadi di Owabong Waterpark Purbalingga. Jumlah kunjungan wisata di objek wisata air ini tidak ada kenaikan signifikan.

Hal tersebut, diungkapkan oleh Humas Owabong Mashud terpisah. Dia menjelaskan, jumlah kunjungan wisata di Owabong saat libur cuti lebaran selama empat hari, sebanyak 4.956 orang.

Jumlah kunjungan terbanyak terdapat pada hari Selasa, 18 Juni 2024, yakni sebanyak 2.078 orang. Sedangkan, jumlah kunjungan paling sedikit terjadi pada Senin, 17 Juni 2024.

Dia mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Owabong Waterpark tidak ada peningkatan signifikan dibandingkan libur akhir pekan biasanya. "Jumlahnya tidak berbeda dengan libur akhir pekan," ungkapnya.

BACA JUGA:Triwulan Pertama Sektor Wisata di Purbalingga Hasilkan Rp 10,5 M

BACA JUGA:Selama Libur Lebaran, 158.054 Wisatawan Kunjungi Purbalingga

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, selama libur Idul Adha, jumlah kunjungan wisata di Sanggaluri Park sebanyak 215 orang.

Jumlah kunjungan wisata di Goa Lawa Purbalingga mencapai 2.103 orang. Sedangkan jumlah kunjungan wisata selama libur Idul Adha di Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman sebanyak 75 orang. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: