Belum Semua Pasar Pemda Di Kota Purwokerto Terapkan E-Retribusi

Belum Semua Pasar Pemda Di Kota Purwokerto Terapkan E-Retribusi

Spanduk pengumuman telah diterapkannya e-retribusi di Pasar Manis terpasang di bagian dalam pasar.-YUDHA IMAN/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Belum semua pasar milik Pemkab Banyumas yang masuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Kota PURWOKERTO Wilayah I dan II menerapkan elektronik retribusi (e-retribusi).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Kota Purwokerto Wilayah II, Suparwoto mengatakan dua dari tujuh pasar yang masuk UPTD Pasar Kota Purwokerto wilayah II sudah lebih awal menerapkan pembayaran retribusi secara elektronik atau e-retribusi. Bersama dengan Pasar Larangan dan Purwanegera di luar UPTD Pasar Kota Purwokerto wilayah II, Pasar Manis dan Cikebrok sejak tahun 2023 telah menerapkan e-retribusi.

"Bertahap enam pasar di wilayah kami plus Pasar Karanglewas semua bakal menerapkan e-retribusi," katanya.

BACA JUGA:Sapi Seberat Tiga Kwintal Ngamuk Masuk Sumur 9 Meter di Banjarnegara

Suparwoto menjelaskan penerapan e-retribusi di Pasar Manis saat ini berjalan dengan hanya satu mesin Elektronik Data Capture (EDC) atau pencatat data elektronik. Dengan los dan kios pedagang yang terisi penuh, tidak kurang dari 400 pedagang aktif berjualan di Pasar Manis. Dari dua mesin EDC yang awalnya tersedia di Pasar Manis, satu mesin dipakai di Pasar Larangan.

"Untuk penarikan e-retribusi dengan satu mesin EDC tetap bisa berjalan. Karena keterbatasan mesin, tiga petugas pungut gantian berkeliling," terang dia.

Kepala UPTD Pasar Kota Purwokerto Wilayah I, Arief Budiman mengatakan di wilayahnya yang masih belum menerapkan e-retribusi justru Pasar Wage. Pasar Proliman yang tidak lebih besar dari Pasar Wage malah lebih dulu menyusul penerapan e-retribusi yang telah berjalan di Pasar Larangan, Purwanegera, Manis dan Cikebrok. Dengan kondisi tersebut, pihaknya terus mendorong Dinperindag Banyumas untuk mulai menerapkan e-retribusi di Pasar Wage.

BACA JUGA:Usai Jual Kambing Kurban, Truk Masuk Sungai di Somagede, Diduga Sopir Ngantuk

"Kami dorong tidak di pasar kecil saja. Pasar Wage dengan jumlah pedagangnya yang besar agar mulai dicicil penerapan e-retribusinya," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: