Pedagang Minta Pasar Kroya Cilacap Segera Dibangun

Pedagang Minta Pasar Kroya Cilacap Segera Dibangun

P3K saat melakukan audiensi dengan Pj Bupati Cilacap dan Kepala DPKUKM Cilacap, Selasa (11/6/2024).-Mujiono untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Paguyuban Pedagang Pasar Kroya (P3K) kembali menanyakan kapan groundbreaking untuk pelaksanaan pembangunan Pasar Kroya CILACAP. Hal ini diungkapkan Ketua P3K, Mujiono.

"Dulu katanya setelah lebaran sudah mau dibangun. Namun sampai saat ini belum ada pembangunan, jadi kami menanyakan ke Pemerintah Kabupaten Cilacap semalam," kata Mujiono, Rabu (12/6/2024).

Dikatakan Mujiono, para pedagang Pasar Kroya berharap agar pembangunan kembali Pasar Kroya bisa segera direalisasikan secepatnya. 

"Saat ini memang baru 40 persen pedagang Pasar Kroya yang menempati lokasi pasar darurat di Karangmangu. Sisanya 60 persen ini tercecer karena lokasi pasar darurat tidak bisa menampung semuanya," kata dia.

BACA JUGA:50 Ribu Warga Berpotensi Alami Krisis Air Bersih, Ini Upaya BPBD Cilacap

BACA JUGA:Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Ancam Perairan Cilacap

Tidak hanya itu, dampak dari belum terpenuhi standar tempat yang layak untuk para pedagang, menghambat aktivitas jual beli di pasar. Akibatnya, omzet pedagang menurun dan tidak sedikit yang gulung tikar.

"Kami sangat berharap jika Pasar Kroya bisa segera dibangun kembali secepatnya. Kemudian nantinya pedagang pada saat menempati lokasi Pasar Kroya baru tidak dipungut biaya. Karena sesuai dengan hasil putusan sidang Mediasi Pasar Kroya di Pengadilan Negeri Cilacap seperti itu," kata Mujiono.

Kepala Dinas Pedagang Koperasi dan UKM (DPKUKM) Cilacap, Umar Said mengatakan, saat ini masih pelaksanaan groundbreaking Pasar Kroya masih terkendala Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) oleh Kementerian Keuangan.

"Untuk tender sudah selesai melalui mekanisme yang ada, sesuai prosedur dengan anggaran Rp 67 miliar. Namun memang masih menunggu dari Kementerian Keuangan," kata dia.

Pihaknya berharap, kegiatan pembangunan Pasar Kroya bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat mendukung kegiatan ekonomi di wilayah Kabupaten Cilacap khususnya Kecamatan Kroya.

Sebelumnya, Pasar Kroya luder terbakar dilalap si jago merah pada akhir tahun 2021. Lebih dari 300 kios hangus dalam insiden tersebut.

Rencananya, Pasar Kroya akan kembali dibangun kembali dengan tiga lantai. Fasilitasnya disebut akan lebih modern dengan menggunakan tangga berjalan dan menjadi pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) pertama di Kabupaten Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: