Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Ancam Perairan Cilacap

Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter Ancam Perairan Cilacap

Aktivitas nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKB) Stasiun Meteorologi Cilacap mengingatkan agar nelayan di wilayah Kabupaten Cilacap waspada terhadap potensi gelombang tinggi

"Waspadai gelombang tinggi yang dapat mencapai 2,5 meter hingga 4,0 meter," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan, Selasa (11/6/2024).

Terkait kondisi gelombang yang tinggi tersebut, lanjutnya, perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal ukuran besa, seperti kapal kargo dan kapal pesiar, diharapkan agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Pola angin di perairan timur laut hingga selatan dengan kecepatan angin 2 - 20 knot. Potensi gelombang tinggi tersebut akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan, nelayan diimbau untuk waspada.

BACA JUGA:Sujito Kembali ditunjuk Jadi Pj Sekda Kabupaten Cilacap

BACA JUGA:Ribuan Warga di Kabupaten Cilacap Mengalami Krisis Air Bersih

Sementara itu, Amin, nelayan di Cilacap mengungkap, saat ini sejumlah ikan sedang muncul di perairan meskipun belum banyak. "Saat ini mulai banyak jenis udang, untuk udang ukuran sedang Rp 35 ribu - Rp 40 ribu per kilogramnya," katanya.

Nelayan di wilayah Cilacap juga tetap melaut meskipun kondisi gelombang tinggi. Meski demikian, mereka tetap memantau kondisi cuaca melalui aplikasi. 

"Ya kalau gelombang tinggi tegap kita pantau, hati-hati saja, karena memang biasanya kalau kondisi gelombang akan ada peringatan," ujarnya.

Sementara itu, aktivitas wisatawan di Pantai Teluk Penyu masih seperti biasa, wisatawan tetap berkunjung dan bermain air di pantai tersebut.

"Aktivitas pengunjung pantai tetap normal. Kalau hari biasa ya sepi tidak banyak, ramai kalau musim liburan saja," kata Siti, pedagang di Pantai Teluk Penyu. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: