7 Alasan All New Honda Beat Tidak Pakai Kick Starter, Menuju Era Skutik Modern

7 Alasan All New Honda Beat Tidak Pakai Kick Starter, Menuju Era Skutik Modern

7 Alasan All New Honda Beat Tidak Pakai Kick Starter, Menuju Era Skutik Modern-honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alasan All New Honda Beat tidak pakai kick starter, menjadi hal menarik yang memicu pro dan kontra di kalangan pecinta otomotif. Keputusan Honda ini tentu menghadirkan perubahan signifikan, pada salah satu model skutik terpopuler di Indonesia.

Peluncuran All New Honda Beat pada Juni 2024, menjadi sorotan dunia otomotif Indonesia. Salah satu perubahan mencolok yang langsung menarik perhatian adalah, hilangnya kick starter pada beberapa variannya.



Keputusan Honda ini memunculkan beragam pertanyaan dan diskusi, khususnya di kalangan pengguna setia Beat. Berikut ini akan mengupas 7 alasan All New Honda Beat tidak pakai kick starter.

1. Konsumen Beralih ke Kemudahan Starter Elektrik

Survei yang dilakukan Honda menunjukkan pergeseran preferensi konsumen ke arah kemudahan. Mayoritas konsumen saat ini, terutama pengendara wanita dan pemula, menginginkan starter elektrik untuk menyalakan motor mereka.

BACA JUGA:AHM Luncurkan Motor Matic All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

BACA JUGA:Tips Memilih Ban yang Tepat untuk Motor Matic Demi Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Starter elektrik dianggap lebih praktis dan mudah digunakan. Tak dapat dipungkiri, kick starter membutuhkan teknik tersendiri agar mesin dapat menyala dengan mulus.

Terlebih lagi pada kondisi jalanan yang ramai atau menanjak, penggunaan kick starter bisa jadi merepotkan. Starter elektrik menghilangkan kesulitan ini, pengendara cukup menekan tombol dan mesin langsung hidup, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan efisien.

2. Performa dan Efisiensi yang Meningkat

Ketidakhadiran kick starter pada All New Honda Beat, membawa dampak positif pada bobot motor. Hilangnya komponen kick starter membuat bobot motor menjadi lebih ringan sekitar 1 kg.

Ini mungkin terlihat sepele namun pengurangan bobot yang tampak kecil ini, ternyata berpengaruh signifikan terhadap performa dan efisiensi bahan bakar.

BACA JUGA:Pengaruh Peningkatan Harga BBM terhadap Popularitas Motor Matic di Kalangan Pengendara

BACA JUGA:Motor Matic Listrik Solusi Ramah Lingkungan untuk Transportasi Modern

Bobot All New Honda Beat varian CBS tanpa kick starter adalah 90 kg, sedangkan varian CBS-ISS dengan kick starter memiliki bobot 91 kg. Sekalipun selisihnya hanya 1 kg, bobot yang lebih ringan membuat tarikan mesin menjadi lebih responsif.

Selain itu, bobot yang ringan juga berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar. Pabrikan mengklaim bahwa All New Honda Beat, mampu menempuh jarak lebih jauh dengan sekali pengisian bahan bakar dibandingkan dengan model sebelumnya.

3. Desain Minimalis dan Modern

Hilangnya kick starter turut membawa perubahan pada desain All New Honda Beat. Tanpa komponen tersebut, bodi motor terlihat lebih ramping dan modern. Desain ini sejalan dengan tren motor skutik masa kini yang mengedepankan estetika dan kesan futuristis.

Ketidakhadiran kick starter membuat ruang pada bodi samping bisa dimanfaatkan untuk hal lain, misalnya menambah kapasitas bagasi atau menempatkan fitur fungsional lainnya. Hal ini tentunya menambah nilai estetika dan kepraktisan All New Honda Beat.

4. Peningkatan Keamanan Pengendara

Kick starter memiliki risiko terlepas dan mengenai kaki pengendara saat digunakan, terutama jika cara penggunaan kick starter kurang tepat.

BACA JUGA:4 Panduan Memilih Oli Terbaik untuk Motor Matic

BACA JUGA:Perbandingan Efisiensi Penggunaan Motor Matic vs Motor Manual

Dengan menghilangkan kick starter, risiko tersebut dapat diminimalisir. Peningkatan keamanan ini tentunya menjadi prioritas utama Honda selaku produsen.

5. Meminimalisir Kesalahan Pengguna

Tak sedikit pengendara, khususnya pemula, yang belum terbiasa menggunakan kick starter dengan benar. Kesalahan dalam menggunakan kick starter seperti penggunaan tenaga yang terlalu besar, atau teknik menendang yang kurang tepat berpotensi merusak komponen mesin.

Starter elektrik hadir sebagai solusi untuk permasalahan ini. Pengoperasian starter elektrik jauh lebih mudah dan minim risiko kesalahan.

Pengendara cukup menekan tombol dan mesin langsung menyala, sehingga potensi kerusakan akibat penggunaan kick starter yang tidak tepat dapat dihindari.

6. Menjaga Kesehatan Aki

Penggunaan kick starter yang berlebihan terutama saat mesin dalam kondisi dingin, dapat memperpendek usia aki. Hal ini dikarenakan proses kick starter membutuhkan daya yang lebih besar, dari aki dibandingkan dengan starter elektrik.

BACA JUGA:Terjawab! Inilah 3 Fakta Kenapa Ban dan Pelek Depan Motor Matic Dibuat Lebih Kecil

BACA JUGA:4 Tips Mudah Mengetahui RPM Motor Matic yang Ideal

Dengan mengandalkan starter elektrik, aki tidak perlu terbebani secara berlebihan saat menghidupkan mesin motor matic.

Selain itu, beberapa varian All New Honda Beat dilengkapi dengan fitur Idling Stop System (ISS), yang secara otomatis mematikan mesin saat berhenti. Fitur ini turut berkontribusi pada penghematan aki.

7. Solusi Aki Tekor dan Inovasi Masa Depan

Meskipun All New Honda Beat tidak menggunakan kick starter, motor ini tetap dilengkapi dengan indikator aki untuk memonitor kondisi aki. Jika aki mengalami tekor, pengendara masih bisa menggunakan jumper starter untuk menyalakan mesin.

Ketidakhadiran kick starter mungkin memunculkan kekhawatiran di sebagian kalangan, terutama  jika aki tekor di tempat terpencil. Namun perlu diingat bahwa dengan perawatan aki yang baik dan teratur, risiko aki tekor dapat diminimalisir.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Manfaat Dari Penunjuk RPM Motor Matic

BACA JUGA:Ternyata ini! 7 Alasan Honda Masih Memilih Rangka eSAF untuk Produk Motor Matic

Honda juga terus berinovasi untuk menghadirkan solusi di masa depan. Salah satu contohnya adalah pengembangan sistem starter alternatif yang tidak bergantung pada aki.  

Teknologi ini masih dalam tahap pengembangan, namun memiliki potensi untuk menjawab kekhawatiran pengguna terkait aki tekor pada motor tanpa kick starter.

Alasan All New Honda Beat tidak pakai kick starter, menjadi langkah strategis yang didasarkan pada berbagai pertimbangan matang. Dengan menyasar kebutuhan dan preferensi konsumen masa kini. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: