Bisa Fatal ! 4 Akibat Jika Bearing Motor Matic Rusak tapi Tidak Diganti yang Baru

Bisa Fatal ! 4 Akibat Jika Bearing Motor Matic Rusak tapi Tidak Diganti yang Baru

Beberapa dampak yang bisa terjadi jika komponen bearing sepeda motor matic yang rusak tersebut tidak segera diganti.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Yuk Ikuti! 7 Cara Mudah Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

 

 

Selain itu, kondisi ini otomatis menjadi lebih parah pada kecepatan tinggi dan dapat menyebabkan sepeda motor matic kehilangan kendali.

Hal ini secara signifikan membatasi kenyamanan kendaraan, dan jika hal ini terus berlanjut, dampaknya bisa sangat mematikan.

Salah satunya dapat menimbulkan kecelakaan. Anda tidak boleh lalai dalam mengganti bearing sepeda motor matic yang rusak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

2. Merusak komponen motor lainnya

Jika diibaratkan sebuah penyakit, kerusakan pada bearing adalah penyakit yang bisa menular. Hal ini dikarenakan jika terjadi masalah bisa berdampak juga pada komponen kendaraan lainnya.

BACA JUGA:Sering Terjadi! 6 Penyebab Utama Suara Mesin Motor Matic Menjadi Kasar

BACA JUGA:Fungsi Bagian-bagian pada Body Motor Matic

 

 

Bahkan menularnya kerusakan bearing ini termasuk besar jika menyangkut suku cadang kendaraan lainnya. Misalnya, jika tromol sepeda Anda rusak, maka rem depan tidak akan berfungsi lagi. 

Kondisi ini bisa terjadi karena sepeda motor matic bergetar saat terjadi masalah sehingga otomatis menyebabkan roda dan tromol tidak pada posisinya. Kondisi asimetris ini merusak drum dan membuatnya tampak bergelombang. 

Jika kerusakan terus berlanjut, bantalan rem bisa aus secara tidak merata atau bahkan lebih cepat karena tekanan abnormal pada roda. Kanvas kemudian akan menggigit hanya sebagian dari drum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: