Pentingnya Memanaskan Mesin Motor Matic Baru Sebelum Digunakan

Pentingnya Memanaskan Mesin Motor Matic Baru Sebelum Digunakan

Tentang betapa pentingnya memanaskan sepeda motor matic sebelum digunakan dan akibatnya jika jarang memanaskan sepeda motor matic-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ternyata pertanyaan bagaimana cara menghangatkan sepeda motor matic baru sebelum dikendarai masih menjadi perbincangan hangat di kalangan bikers.

Beberapa orang mengatakan bahwa baik mobil maupun sepeda motor matic baru perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memperpanjang umur mesin.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa teknologi mesin sepeda motor matic baru tidak lagi memerlukan pemanasan sebelum digunakan. Lalu pendapat manakah yang benar?

Disarankan untuk memanaskan terlebih dahulu mesin sepeda motor matic baru sebelum digunakan. Sebenarnya, Anda boleh saja memanaskan pada sepeda motor matic baru di pagi hari sebelum digunakan.

BACA JUGA:5 Keunggulan Motor Matic dengan Teknologi Hybrid yang Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:Minat Daftar Ojek Online ? Ini 6 Rekomendasi Motor Matic Murah yang Cocok untuk Ojek Online

Tujuannya agar oli mesin dapat melumasi mesin sepeda motor matic secara optimal sebelum digunakan.

Antara waktu Anda memarkir sepeda motor matic di rumah pada sore hari dan saat Anda menggunakannya pada pagi hari, oli mesin akan menetes ke dalam wadah oli dan bak mesin.

Misalnya, jika Anda pulang jam 5 sore, dibutuhkan waktu sekitar 12 jam sebelum Anda bisa menggunakan sepeda keesokan paginya, oli mesin terendam seluruhnya di dalam wadah oli.

Oleh karena itu mesin sepeda motor matic harus dilakukan pemanasan terlebih dahulu yang tujuannya untuk menaikkan (mengedarkan) oli mesin.

BACA JUGA:Motor Matic Terbaru di Indonesia, Ada Honda Beat Street 2024 yang Menarik dan Stylish

BACA JUGA:Mengenal Engine Mounting Motor Matic Beserta Fungsinya yang Mengagumkan

 

Namun tetap harus diperhatikan agar mesin sepeda motor matic tidak terlalu panas dalam waktu lama. Paling lama sekitar 1 sampai 5 menit, tapi kalau terlalu lama hanya buang-buang bensin saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: