Yukk Kenali! Ciri-Ciri Aki pada Motor Matic Harus Diganti, Jaga Performa dan Keamanan Berkendara

Yukk Kenali! Ciri-Ciri Aki pada Motor Matic Harus Diganti, Jaga Performa dan Keamanan Berkendara

Yukk Kenali! Ciri-Ciri Aki pada Motor Matic Harus Diganti, Jaga Performa dan Keamanan Berkendara-aki-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ciri-ciri aki pada motor matic harus diganti menjadi hal penting diketahui oleh pengendara, agar performa dan keamanan berkendara tidak terganggu.

Aki kependekan dari akumulator, adalah komponen vital dalam sistem kelistrikan motor matic. Fungsinya sebagai penyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin, menyalakan lampu, dan mengoperasikan klakson.

Aki yang sehat akan memastikan seluruh komponen tersebut bekerja dengan baik, menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara.

Namun seiring usia pakai, performa aki akan menurun dan perlu diganti. Melewatkan penggantian aki yang sudah lemah, dapat menimbulkan masalah saat berkendara.

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Yamaha Aerox dan Yamaha NMax , Tentukan Pilihanmu

BACA JUGA:Ketahui Sebelum Membeli ! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Fazzio

Berikut ini membahas mengenai, ciri-ciri aki pada motor matic harus diganti agar sistem kelistrikan tetap optimal. Aki pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering (maintenance free).

Aki basah membutuhkan perawatan rutin, berupa pengecekan dan penambahan air aki secara berkala. Sebaliknya, aki kering tidak memerlukan perawatan khusus, dan umumnya memiliki usia pakai yang lebih panjang.

Terlepas dari jenisnya, aki memiliki prinsip kerja yang sama yaitu mengubah energi kimia menjadi energi listrik, melalui reaksi kimia antara pelat positif dan negatif di dalamnya. Semakin lama aki digunakan, kemampuan aki menyimpan energi listrik akan berkurang.

Tanda Aki Motor Matic Harus Diganti

Ada beberapa ciri-ciri aki pada motor matic harus diganti. Mengenali ciri-ciri ini penting untuk mencegah mogok di jalan dan memastikan keamanan berkendara, berikut beberapa cirinya:

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda aki motor matic yang paling umum adalah mesin sulit dihidupkan, terutama saat pagi hari atau setelah motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Review Motor Matic Yamaha Fascino 125

BACA JUGA:Penting untuk Dipahami ! Inilah 9 Ciri-Ciri Oli Motor Matic Sudah Habis

Biasanya suara starter akan terdengar lemah, atau mesin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menyala. Hal ini terjadi karena aki tidak dapat lagi menyediakan daya yang cukup, untuk menghidupkan motor matic.

2. Starter Motor Tidak Berfungsi

Starter motor yang tidak berfungsi sama sekali, merupakan indikasi kuat bahwa aki sudah tidak bisa menyimpan daya listrik.

Biasanya kondisi ini terjadi pada aki yang sudah sangat tua, atau mengalami kerusakan parah. Ketika Anda menekan tombol starter namun tidak ada respon sama sekali, aki perlu segera diperiksakan atau diganti.

3. Cahaya Lampu Redup

Aki yang lemah dapat menyebabkan cahaya lampu motor matic menjadi redup, termasuk lampu utama, lampu sein, dan lampu rem.

BACA JUGA:10 Hal yang Menyebabkan Motor Matic Tidak Mau Jalan Saat Digas

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Sangit pada Motor Matic

Kondisi ini tentu saja membahayakan keselamatan berkendara, terutama saat malam hari. Lampu yang redup membuat jarak pandang pengendara terbatas, dan berpotensi tidak terlihat oleh pengendara lain.

4. Klakson Lemah

Suara klakson yang lemah juga merupakan indikator aki motor matic yang perlu diganti. Klakson membutuhkan daya yang cukup untuk beroperasi dengan normal.  

Jika suara klakson terdengar lemah atau tidak berbunyi sama sekali, ini menandakan aki tidak dapat memasok daya yang dibutuhkan.

5. Indikator Aki Menyala

Beberapa motor matic modern dilengkapi dengan indikator aki pada panel speedometer. Indikator ini biasanya berupa lampu dengan simbol aki.

BACA JUGA:Perhatikan! 5 Tanda V-Belt Motor Matic Sudah Kendur dan Harus Diganti

BACA JUGA:3 Cara yang Bisa Dilakukan Agar Motor Matic Irit Bensin

Jika lampu indikator aki menyala, ini merupakan peringatan dini bahwa aki perlu diperiksa atau diganti. Segera periksa aki dan lakukan penggantian jika diperlukan.

6. Tegangan Aki Rendah

Tegangan aki yang normal umumnya berada di sekitar 12 volt. Anda dapat menggunakan voltmeter untuk mengecek tegangan aki motor matic Anda.  

Alat ini dapat dibeli dengan mudah di toko aksesoris motor, cara penggunaannya pun cukup sederhana. Hubungkan voltmeter ke terminal aki sesuai dengan kutub positif dan negatifnya.  

Jika tegangan aki berada di bawah 12 volt, ini menandakan bahwa aki sudah lemah dan perlu diganti. Pengoperasian aki dengan tegangan rendah, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan lainnya.

7. Aki Kembung atau Bocor

Aki yang kembung atau bocor, merupakan tanda kerusakan yang parah dan harus segera diganti. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia pakai aki yang sudah terlalu tua, aki yang pernah terjatuh atau terkena benturan keras, serta proses pengisian tidak normal.

BACA JUGA:Wajib Tau! 4 Alasan Motor Matic Keluaran Terbaru Tidak Memiliki Kick Starter

BACA JUGA:Mengenal Kick Starter Serta Fungsinya Pada Motor Matic

Aki yang kembung atau bocor, berbahaya karena dapat menimbulkan ledakan dan kebakaran.  Jika Anda melihat aki motor matic Anda kembung atau mengeluarkan cairan, segera hentikan penggunaan motor dan bawa ke bengkel untuk diganti.

8. Usia Aki Telah Tua

Aki motor matic memiliki usia pakai rata-rata sekitar 2-3 tahun. Usia pakai ini bisa bervariasi tergantung dari merk, kualitas aki, dan cara pemakaian.  

Jika aki motor matic Anda sudah lebih dari 3 tahun, sebaiknya segera diganti meskipun belum menunjukkan ciri-ciri di atas. Aki yang sudah tua memiliki risiko lebih tinggi, untuk mengalami penurunan performa secara tiba-tiba.

Penggantian aki sebelum menunjukkan tanda-tanda aki lemah, dapat membantu mencegah mogok di jalan dan memastikan keamanan berkendara. Aki merupakan komponen penting dalam motor matic yang perlu dijaga kondisinya.

BACA JUGA:Wajib Tau Nih! 7 Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Bagi Motor Matic, Investasi Keuntungan Berlipat Ganda

BACA JUGA:Betah Riding Jauh! 7 Kecanggihan Motor Matic XMAX 250 Connected, yang Bikin Jatuh Hati

Dengan mengenali ciri-ciri aki pada motor matic harus diganti, Anda dapat memastikan aki motor matic Anda bekerja dengan baik dan tahan lama. Hal ini akan menunjang kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: