Jelang Idul Adha, Salon Kambing di Ajibarang Ramai Pelanggan

Jelang Idul Adha, Salon Kambing di Ajibarang Ramai Pelanggan

Suhardi saat menyalon Kambing milik pelanggan, Sabtu (1/6/2024).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di Pasar Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS, tidak hanya manusia yang memiliki tempat untuk merias diri. Di sana, terdapat salon khusus untuk kambing yang menjadi daya tarik tersendiri.

Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024 Masehi atau 1445 Hijriah, banyak pemilik kambing yang berbondong-bondong datang untuk menyalonkan hewan mereka agar tampil lebih menarik. 

Suhardi, pemilik salon kambing di Pasar Hewan Ajibarang, menjelaskan bahwa setiap hari pasaran PON dan Kliwon, ia selalu mangkal di pasar tersebut. Namun, menjelang Idul Adha, permintaan terhadap jasanya meningkat meskipun belum mencapai puncaknya. 

BACA JUGA:Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan Jokowi Kenakan Pakaian Adat Melayu

"Belum maksimal untuk saat ini, sehari paling baru sekitar 20 kambing yang disalonkan," katanya. 

Saat menyalon Kambing pelanggan, Suhardi menggunakan alat seperti alat pres, kemudian alat kikir untuk merapikan tanduk. 

"Bervariasi, sesuai permintaan dari pedagang. Rata-rata yang disalonkan itu kambing, ada yang karena tanduk patah, kuku kaki panjang dan ada juga yang minta bulu kambing di rapikan," jelasnya.

BACA JUGA:TKI Banyumas Meninggal Tenggelam di Jepang, Keluarga Sempat Kesulitan Pulangkan Jenazah

Suhardi mematok harga antara Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu per ekor kambing, tergantung tingkat kesulitan dan lamanya pengerjaan.

"Jadi tergantung kerusakan saja. Untuk harganya itu masih sama seperti hari biasa, tidak ada kenaikan walau mau lebaran (Idul Adha, red)," tambahnya. 

Sementara itu, Dakim, pedagang kambing di Pasar Hewan Ajibarang mengaku, membawa kambingnya ke salon karena tanduknya mengalami kerusakan hingga menembus ke kepala.

BACA JUGA:Hendak Tawuran di Sumbang, Tiga Remaja Diamankan Warga

"Kambing saya disalonkan, tanduknya di potong supaya ratin atau rapi," ujarnya.

Usai di salon, menurutnya, kambingnya tentu akan mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan dibandingkan dengan kondisi sebelum disalon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: