Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Sangit pada Motor Matic

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Sangit pada Motor Matic

Beberapa hal yang menyebabkan sepeda motor matic mengeluarkan bau sangit dan juga cara untuk mengatasinya.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Beberapa pemilik sepeda motor matic kerap kali merasakan bau menyengat pada sepeda motornya. Jika Anda salah satunya, jangan anggap enteng hal tersebut.

Jika sepeda motor matic anda berbau aneh, tandanya ada masalah pada mesin dan perlu segera diperbaiki. Selain itu, sepertinya bau ini juga bisa berasal dari asap knalpot yang berputar-putar berwarna putih atau hitam.

Untuk memastikannya, sebaiknya segera periksa terlebih dahulu apakah ada komponen lain yang mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

BACA JUGA:Terlihat Sepele, Inilah 9 Kebiasaan yang Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Teknik menghadapi bau tidak sedap pada sepeda motor matic

Mesin sepeda motor, termasuk yang sepeda motor matic, selalu menghasilkan panas berlebih melalui pembakaran. Tentu saja hal ini sangat berbahaya jika mesin sepeda motor cepat panas dan overheat.

Selain itu, bila mesin memanas terlalu cepat, bagian-bagian mesin mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, bau tersebut rupanya juga bisa berasal dari gas buang yang naik.

Bau yang menyengat tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain proses pembakaran yang tidak sempurna pada ruang bakar. Munculnya aroma ini pada sepeda motor matic juga bisa disebabkan oleh panas berlebih akibat terbentuknya karbon dan kerak kapur di ruang bakar.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic Adventure yang Cocok Untuk Para Petualang

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

Pasalnya, penumpukan kapur pada katup buang justru dapat menimbulkan celah yang memungkinkan bahan bakar bocor keluar dari knalpot.

Sebelum mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebabnya agar Anda bisa mengatasinya dengan mudah nantinya.

Penyebab bau aneh pada sepeda motor matic ini bisa jadi sebenarnya adalah kotoran yang menempel di ruang bakar. Hal ini karena bahan bakar beroktan rendah menimbulkan endapan dan tanda pembakaran tidak sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: