Wajib Tau Nih! 7 Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Bagi Motor Matic, Investasi Keuntungan Berlipat Ganda

Wajib Tau Nih! 7 Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Bagi Motor Matic, Investasi Keuntungan Berlipat Ganda

Wajib Tau Nih! 7 Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Bagi Motor Matic, Investasi Keuntungan Berlipat Ganda-honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat rutin ganti oli mesin bagi motor matic menjadi hal yang menarik, karena bagaikan investasi kecil dengan keuntungan yang berlipat ganda.

oli mesin bisa dibilang sebagai "darah" bagi motor matic. Fungsinya melumasi berbagai komponen mesin yang bergerak agar dapat bekerja dengan lancar, efisien, dan terhindar dari keausan.



Layaknya darah manusia yang perlu dijaga kualitasnya, oli mesin pun demikian. Rutin mengganti oli mesin adalah sebuah investasi berharga, untuk menjaga performa dan usia pakai motor matic Anda.

Manfaat Rutin Ganti Oli Mesin Bagi Motor Matic

Berikut ini terdapat beberapa manfaat rutin ganti oli mesin bagi motor matic:

1. Menjaga Suhu Mesin

Bayangkan Anda sedang beraktivitas berat di terik matahari. Pasti tubuh akan terasa panas, bukan? Begitu pula dengan mesin motor matic.

BACA JUGA:Kelebihan V-Belt yang Dipasangkan pada Motor Matic

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

Saat mesin bekerja, gesekan antar komponen akan menghasilkan panas. Oli yang berkualitas berperan penting, dalam menyerap dan mendistribusikan panas ini ke seluruh bagian mesin secara merata.

Oli yang sudah jenuh dan kotor tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Akibatnya, panas akan terakumulasi di dalam mesin, berisiko menyebabkan overheating.

Kondisi ini tentu merugikan dikarenakan mesin bisa kehilangan tenaga, menjadi tidak responsif, dan parahnya lagi bisa jebol.

Dengan rutin mengganti oli, Anda ibarat memberikan pendingin internal yang optimal untuk mesin motor matic. Suhu mesin terjaga, tarikan menjadi lebih enteng, dan Anda pun terhindar dari risiko kerusakan akibat overheating.

2. Pelumasan Sempurna

Fungsi utama oli mesin adalah untuk melumasi berbagai komponen, yang bergerak di dalam mesin, seperti piston, ring piston, crankshaft, dan camshaft. Gesekan antar komponen ini tidak bisa dihindari, namun oli yang berkualitas akan meminimalisir hambatan tersebut.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

BACA JUGA:5 Efek Negatif Sering Gonta-Ganti Merek Oli Motor Matic

Ibarat bantalan halus pada sepatu saat Anda berlari, oli yang baik akan mengurangi gesekan antar komponen mesin. Akibatnya, keausan pada komponen mesin pun dapat dicegah.  

Selain itu oli berkualitas biasanya mengandung zat aditif khusus, yang melindungi komponen mesin dari karat dan korosi. Zat aditif ini, bertindak seperti lapisan pelindung yang menjaga kesehatan internal mesin Anda.

3. Performa Optimal

Mesin yang terawat dengan oli yang baik akan bekerja dengan lebih optimal. Hal ini dapat Anda rasakan dari berbagai aspek performa.

Tarikan mesin akan terasa lebih responsif dan enteng. Hal ini dikarenakan minimnya hambatan gesekan antar komponen mesin, berkat pelumasan yang baik.

BACA JUGA:Simak Nih! 4 Tips Memilih Merek Oli yang Cocok Untuk Motor Matic

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau! Deretan Motor Matic yang Memerlukan SIM C1

Suara mesin pun akan terasa lebih halus dan minim dengungan. Ini menandakan tidak adanya gesekan berlebihan yang menimbulkan suara kasar.  

Tak ketinggalan, akselerasi motor matic Anda pun akan terasa lebih bertenaga. Mesin yang terawat sanggup mengeluarkan tenaga optimal saat dibutuhkan, sehingga Anda dapat bermanuver dengan lincah dan percaya diri.

4. Hemat Bahan Bakar

Tahukah Anda bahwa oli yang jenuh dan kotor, dapat meningkatkan gesekan antar komponen mesin?  Seperti dijelaskan sebelumnya, gesekan yang tinggi membuat mesin bekerja lebih berat.  

Akibatnya, pembakaran bahan bakar pun menjadi tidak efisien, sehingga motor matic Anda menjadi lebih boros. Dengan menggunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan anjuran pabrikan, Anda dapat membantu mengurangi gesekan antar komponen mesin.

BACA JUGA:Jangan Panik! Penanganan Tepat Motor Matic Kesayangan yang Terkena Banjir

BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Mesin Motor Matic Cepat Overheat

Hal ini berdampak langsung pada efisiensi pembakaran bahan bakar. Motor matic Anda akan terasa lebih lincah berlari di jalanan, namun tetap irit bahan bakar.  

5. Memperpanjang Usia Pakai Mesin

Rutin mengganti oli mesin tak hanya memberikan manfaat jangka pendek, namun juga menjaga kesehatan mesin dalam jangka panjang. Dengan terawatnya komponen mesin berkat pelumasan yang baik, usia pakai mesin pun akan bertambah.  

Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi Anda. Motor matic kesayangan Anda akan menemani perjalanan Anda lebih lama.

Selain itu, biaya perawatan pun berpotensi menjadi lebih ringan. Komponen mesin yang terawat dengan baik akan minim mengalami kerusakan, sehingga Anda terhindar dari pengeluaran tak terduga untuk perbaikan besar.

6. Menjaga Kebersihan Mesin

Oli mesin tak hanya berfungsi sebagai pelumas, namun juga membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada komponen mesin. Kotoran dan kerak ini dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada mesin, jika dibiarkan menumpuk.

BACA JUGA:7 Tips Mengendarai Motor Matic yang Baik dan Benar

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Sering Mengabaikan Perawatan Radiator Motor Matic

Rutin mengganti oli akan membantu menjaga kebersihan mesin, dan mencegah penumpukan kotoran. Mesin yang bersih akan bekerja lebih optimal dan terhindar dari berbagai masalah, yang dapat timbul akibat kotoran dan kerak.

7. Mendeteksi Kerusakan Dini

Saat mengganti oli, mekanik biasanya akan memeriksa kondisi oli. Oli yang berwarna keruh atau bercampur dengan serpihan logam, dapat menjadi indikasi adanya kerusakan pada mesin.  

Deteksi dini kerusakan ini sangatlah penting, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan biaya yang lebih besar. Dengan rutin mengganti oli, Anda dapat memantau kondisi mesin motor matic Anda secara berkala.

Jika terdeteksi adanya indikasi kerusakan, Anda dapat segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Hal ini tentu akan menghemat waktu, biaya, dan meminimalisir risiko kerusakan yang lebih parah.

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Inilah 6 Tanda Rem Motor Matic Sedang Bermasalah

BACA JUGA:Cek Disini! 4 Teknik Pengereman Motor Matic yang Tepat

Dengan adanya manfaat rutin ganti oli mesin bagi motor matic, Anda dapat merasakan performa optimal, mesin awet, hemat bahan bakar, dan terhindar kerusakan. Oleh karena itu jadikan rutin ganti oli sebagai kebiasaan baru Anda, untuk menjaga "kesehatan jantung" motor matic kesayangan Anda. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: