Embus Es Terjadi Lagi di Dataran Tinggi Dieng

Embus Es Terjadi Lagi di Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng saat embun es terjadi di area komplek Candi Arjuna. -Hasta Untuk Radarmas-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Embun es di dataran Dieng kembali terjadi lagi pada pagi hari tadi, Rabu (29/5/2024). Fenomena alam embun es tersebut berada di rerumputan dan bekas makanan yang mengeras layaknya es batu. 

Salah satu warga Desa Dieng Kulon Hasta Priyandono sempat mengabadikan momen munculnya embun es tersebut. Awalnya ia merasa suhu pagi hari di Dieng lebih dingin dibanding biasanya. Kemudian ia melihat kondisi di luar.

“Pagi ini saya merasakan suhunya sangat dingin sekali. Makanya saya lihat keluar barangkali embun sudah membeku. Ternyata benar, embun sudah membeku,” ujarnya. 

Hasta yang juga pelaku wisata di Dieng ini pun sempat mengabadikan momen ini. Ia mengecek embun yang menempel di rumput dan di sampah bekas bungkus makanan. Saat dicek, embun pun sudah mengeras.

BACA JUGA:Cari Sampah Plastik, Pria Paro Baya Hilang di Waduk Mrica Banjarnegara

BACA JUGA:Satlantas Polres Banjarnegara Ungkap Penyebab Minibus Wisatawan Terguling di Bukit Barisan

“Saya mengecek di area lapangan sekitar komplek Candi Arjuna. Dan ternyata memang embun di rumput dan foam bekas makanan beku,” ungkapnya.

Sayangnya, ia tidak sempat mengukur suhu di dataran tinggi Dieng pagi tadi. Mengingat alat pengukur suhu udara di Dieng tengah diperbaiki.

“Kalau suhu udara, saya tidak mengukur tadi pagi. Karena alatnya juga sedang diperbaiki,” kata dia.

Terpisah, pembuat aplikasi pengukur suhu udara Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, embun es pagi tadi merupakan yang kedua tahun ini. Sebelumnya embun di Dieng sempat membeku satu minggu setelah lebaran Idul Fitri.

“Ini merupakan embun es yang kedua tahun ini. Sebelumnya pernah juga yakni satu minggu setelah lebaran kemarin,” terang pria yang juga pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: