Hati-hati! Inilah Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Matic Putus

Hati-hati! Inilah Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Matic Putus

Hati-hati! Inilah Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Matic Putus-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sistem rem adalah komponen vital pada setiap motor. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat laju dan menghentikan kendaraan secara total. Bayangkan jika Sistem rem motor mengalami malfungsi; potensi terjadinya kecelakaan sangat tinggi.

Satu-satunya cara untuk mencegah malfungsi pada sistem rem motor adalah melakukan pengecekan berkala dan penggantian komponen jika ditemukan kerusakan atau keausan. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah kabel pada rem tromol atau slang rem pada rem cakram.

Pada sistem rem mekanis, kerjanya menggunakan kabel untuk menarik tuas rem kampas di tromol sehingga menghentikan laju motor. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah tuas rem yang menjadi berat saat ditekan. 

Masalah ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pelumasan pada tuas dan kabel rem. Solusinya cukup sederhana, hanya dengan bersihkan dan lumasi kabel serta tuas rem dengan cairan penetrasi yang memberikan pelumasan.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! 5 Dampak Buruk Menggunakan Oli Motor Matic yang Tidak Sesuai 

Jika pelumasan tidak dilakukan secara rutin, kabel rem yang berbahan baja bisa mengalami kerusakan dan bahkan putus. Selain itu, pastikan selongsong kabel rem dalam kondisi baik untuk meminimalisir potensi karat yang dapat merusak kabel rem.

Melakukan pengecekan berkala dan pemeliharaan pada sistem rem motor, adalah langkah penting untuk mencegah malfungsi yang bisa berujung pada kecelakaan. Pastikan semua komponen, termasuk kabel dan slang rem, dalam kondisi baik dan berfungsi dengan optimal.

Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Matic Putus

Sistem rem merupakan komponen vital pada setiap motor matic. Menjaga kondisi kabel rem motor agar tetap berfungsi optimal sangat penting untuk keselamatan berkendara. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kabel rem yang putus. Berikut ciri-cirinya:

1. Tuas Rem Tidak Pakem Lagi

Ciri pertama dan paling mudah untuk mendeteksi apakah kabel rem motor matic Anda sudah mulai rusak atau putus adalah dengan menarik tuas rem. Jika saat melakukan pengereman motor sulit direm, ini adalah indikasi kuat bahwa kabel rem sudah mulai rusak. 

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: