Wajib Tau! Inilah 6 Pilihan Ban Tubeless Terbaik untuk Motor Matic, Tingkatkan Kenyamanan dan Kemamanan

Wajib Tau! Inilah 6 Pilihan Ban Tubeless Terbaik untuk Motor Matic, Tingkatkan Kenyamanan dan Kemamanan

Wajib Tau! Inilah 6 Pilihan Ban Tubeless Terbaik untuk Motor Matic, Tingkatkan Kenyamanan dan Kemamanan-crosa-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pilihan ban tubeless terbaik untuk motor matic menjadi faktor penting, dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Ban yang tepat dapat memberikan cengkeraman yang optimal di jalanan, handling yang stabil, dan performa yang maksimal.

Di dunia otomotif, ban adalah komponen vital yang menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara. Begitu pun pada motor matic, pemilihan ban yang tepat menjadi krusial.



Saat ini, ban tubeless (tanpa ban dalam) kian diminati karena menawarkan sejumlah keunggulan, dibandingkan ban konvensional. Berikut ini akan mengulas 6 pilihan ban tubeless terbaik untuk motor matic Anda:

1. FDR Flemmo 80/90-R14

FDR pabrikan ban dalam negeri, turut meramaikan segmen ban tubeless matic dengan seri Flemmo. Ban berukuran 80/90-R14 ini cocok untuk penggunaan harian pada motor matic ber velg 14 inci, seperti Honda Beat, Scoopy, dan Yamaha Mio.

BACA JUGA:Perhatikan Nih! 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! 5 Dampak Buruk Menggunakan Oli Motor Matic yang Tidak Sesuai

Keunggulan utama Flemmo terletak pada desain sporty dengan pattern agresif, yang tak hanya terlihat gagah tetapi juga memaksimalkan daya cengkeraman ke permukaan jalan. Alhasil, pengendara mendapatkan kepercayaan diri saat bermanuver atau melalui tikungan.

Selain itu, ban ini ditawarkan dengan harga yang kompetitif, menjadikannya pilihan menarik bagi pengendara yang mengutamakan performa dan aspek ekonomis.

Namun perlu dicatat bahwa ketersediaan Flemmo, belum mencakup seluruh ukuran motor matic yang beredar di pasaran.

2. Aspira Premio Sportivo 140/70-14R

Jika Anda seorang pengendara motor matic yang gemar memacu adrenalin, Aspira Premio Sportivo 140/70-14R patut dipertimbangkan. Ban berukuran gambot ini, dirancang khusus untuk memaksimalkan handling pada kecepatan tinggi.

BACA JUGA:5 Dampak Buruk Tidak Pernah Mengganti Filter Oli Motor Matic

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 6 Tips Menjaga Kualitas Oli Motor Matic

Konstruksi komponnya yang lembut memberikan cengkeraman optimal di berbagai kondisi jalan, baik kering maupun basah. Tak hanya itu, desain tapaknya yang agresif menambah kesan sporty pada motor matic Anda.

Namun performa premium ini, sepadan dengan harga jual yang lebih tinggi dibanding ban tubeless lainnya. Bagi sebagian pengendara, banderol Premio Sportivo mungkin menjadi pertimbangan tersendiri.

3. Maxxis Green Devil MA-G1 R17

Maxxis Green Devil MA-G1 R17, cocok untuk pengendara yang gemar berpetualang atau melintasi berbagai kondisi jalan. Ban ini dikenal dengan ketahanannya yang luar biasa, sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Selain itu, Green Devil MA-G1 R17 menyuguhkan cengkeraman yang kuat di segala medan, baik jalan aspal, berbatu, ataupun tanah liat. Tak heran ban ini kerap menjadi pilihan para pecinta touring.

BACA JUGA:5 Cara Merawat Filter Oli Motor Matic Agar Tetap Awet dan Optimal

BACA JUGA:5 Motor Matic Bermesin Besar dengan Performa Tinggi untuk Kenyamanan Berkendara

Desain agresifnya menambah kesan gagah pada motor matic Anda. Namun Green Devil MA-G1 R17 kurang begitu nyaman digunakan di jalanan beraspal yang halus, karena alurnya yang dalam dapat menimbulkan sedikit kebisingan.

4. Swallow Katana Tubeless 70/90-R14

Swallow, merek legendaris di ranah ban motor Indonesia, turut menghadirkan Katana Tubeless 70/90-R14. Ban berukuran sedang ini cocok untuk motor matic ber velg 14 inci.

Keunggulan utama Katana Tubeless, terletak pada daya cengkeramannya yang optimal di jalanan basah. Alur ban yang efektif membuang air dengan baik, sehingga mengurangi risiko tergelincir pada permukaan licin.

Ditambah dengan harga yang ekonomis Swallow Katana Tubeless menjadi pilihan menarik, bagi pengendara yang mengutamakan keselamatan saat melintasi jalanan basah atau berkendara di musim hujan.

BACA JUGA:9 Kekurangan Motor Matic yang Memiliki Mesin Besar

BACA JUGA:7 Keunggulan Motor Matic yang Memiliki Mesin Besar

Meski demikian, ketahanan Katana Tubeless dikatakan agak dibawah ban tubeless premium lainnya. Penting untuk memerhatikan kondisi ban, dan melakukan penggantian secara berkala.

5. IRC Ecotrax NR96 80/90-14

IRC Ecotrax NR96 80/90-14, didesain khusus untuk pengendara yang mengedepankan efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Ban ini dibuat dari kompon khusus, yang memiliki hambatan gulir rendah.

Alhasil, konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih irit. Selain itu, Ecotrax NR96 dibuat dengan material ramah lingkungan yang meminimalisir pencemaran.

Desain alur bannya dioptimalkan untuk mengurangi kebisingan, menciptakan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman.

BACA JUGA:5 Perbandingan Motor Matic Honda ADV 160 dengan Honda PCX 160

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Matic Honda Forza 150 yang Miliki Desain Body Mewah

Namun perlu diingat, bahwa ban ini kurang cocok untuk pengendara yang menyukai gaya berkendara agresif. Karena cengkeramannya dianggap agak kurang optimal, dibandingkan ban tubeless lainnya.

6. Maxxis M6234W Extramaxx 90/90-R14

Maxxis M6234W Extramaxx 90/90-R14 hadir sebagai pilihan tepat, bagi pengendara yang menginginkan stabilitas dan handling optimal di jalan kering.

Kompon bannya yang keras menjamin daya cengkeraman yang kuat, memberikan rasa percaya diri saat bermanuver ataupun melewati tikungan.

Desain tapaknya dibuat khusus untuk memaksimalkan kontak ban dengan permukaan jalan, menambah kestabilan saat berkendara pada kecepatan tinggi.

BACA JUGA:7 Tips Cerdas Agar Aki Motor Matic Berumur Panjang dan Bekerja Secara Optimal

BACA JUGA:Yuk Kenali! Inilah 6 Komponen Penting Pada Aki Motor Matic

Maxxis M6234W Extramaxx ditawarkan dengan harga yang bersaing, menjadikannya pilihan menarik bagi pengendara yang mencari performa maksimal dengan harga terjangkau.

Namun perlu diketahui bahwa ban ini kurang begitu optimal, untuk digunakan di jalanan basah karena alur bannya yang tidak terlalu dalam.

Dengan mengetahui pilihan ban tubeless terbaik untuk motor matic, Anda dapat memaksimalkan kenyamanan, keamanan, dan performa saat berkendara. Ban tubeless yang tepat, akan memberikan Anda pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan bebas dari rasa khawatir. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: