Cara Mengatasi Piringan Cakram Cepat Panas Pada Motor Matic

Cara Mengatasi Piringan Cakram Cepat Panas Pada Motor Matic

Cara Mengatasi Piringan Cakram Cepat Panas Pada Motor Matic-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apakah kamu pernah merasa khawatir saat merasakan piringan cakram motor maticmu terlalu panas? Jika iya, kamu tidak sendirian! Panasnya piringan cakram bisa menjadi masalah yang perlu kamu atasi.

Salah satu penyebab utama piringan cakram motor matic menjadi panas adalah gesekan yang terjadi saat kita menggunakan rem. Ketika kita menginjak rem, gesekan antara kampas rem dan piringan cakram membuat piringan tersebut panas.

Namun, ada juga faktor lain yang dapat mempengaruhi panasnya piringan cakram, seperti gaya mengemudi yang agresif. Semakin sering kita menginjak rem atau semakin keras kita mengerem, semakin cepat pula piringan cakram akan memanas.

Untuk mengatasi masalah piringan cakram yang cepat panas, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa cara mengatasi piringan cakram yang cepat panas pada motor matic anda:

1. Menggunakan Metode Pengereman Efektif

Salah satu cara efektif untuk mengurangi panas pada piringan cakram adalah dengan menggunakan metode pengereman yang disebut "rem-lepas-rem". Caranya sederhana, ketika kamu merasakan piringan cakram mulai panas, lepaskan sedikit rem, kemudian injak rem lagi. 

BACA JUGA:Lebih Mudah Mengendarai Motor Matic atau Motor Manual ? Ini Perbandingannya

BACA JUGA:10 Trik Modifikasi Motor Matic untuk Tampil Lebih Keren

Selain menggunakan rem depan, kamu juga bisa membantu mendinginkan piringan cakram dengan menekan rem pada roda belakang. Hal ini membantu membagi beban pengereman antara roda depan dan belakang, sehingga mengurangi panas yang dihasilkan oleh piringan cakram depan.

Meskipun rem depan lebih efektif dalam mengurangi kecepatan, hindari penggunaannya secara terus menerus, terutama saat berkendara dalam kondisi normal. Berlebihan menggunakan rem depan dapat meningkatkan panas pada piringan cakram.

Dengan menerapkan cara mengatasi piringan cakram yang cepat panas pada motor matic, kamu dapat mengatasi masalah piringan cakram yang cepat panas pada motor maticmu dengan lebih mudah. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kondisi pengereman saat berkendara.

2. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Salah satu penyebab piringan cakram cepat panas adalah habisnya atau berkurangnya minyak rem. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk memeriksa tingkat minyak rem secara berkala, terutama setiap kali melakukan servis berkala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: