Yuk Cari Tau! Penyebab Kerusakan Spul Motor Matic dan Cara Mencegahnya

Yuk Cari Tau! Penyebab Kerusakan Spul Motor Matic dan Cara Mencegahnya

Yuk Cari Tau! Penyebab Kerusakan Spul Motor Matic dan Cara Mencegahnya-yamaha-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab kerusakan spul motor matic, menjadi hal yang harus diwaspadai oleh para pengguna motor matic. Sehingga pengendara dapat melakukan pencegahan dan deteksi dini kerusakan spul, serta meminimalisir potensi mogok di jalan.

Spul, bagi pengendara motor matic bukanlah istilah asing. Komponen mungil ini memegang peranan vital dalam sistem kelistrikan motor.

Fungsinya sebagai penghasil arus listrik yang dibutuhkan oleh berbagai komponen lain, seperti aki, lampu, dan sistem starter.

Tanpa spul yang berfungsi dengan baik maka bersiaplah menghadapi berbagai masalah, mulai dari aki tekor, lampu redup, hingga mesin yang mogok mendadak.

BACA JUGA:8 Masalah Motor Matic yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:6 Panduan Memilih Motor Matic Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Oleh karena itu penting untuk memahami penyebab kerusakan spul motor matic, agar Anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Berikut penyebab kerusakan utama spul yang wajib Anda waspadai:

1. Beban Berlebih (Overload)

Ingin tampil beda dengan aksesoris motor yang mencolok? Lampu LED dengan daya besar mungkin terlihat menarik, namun waspadalah!

Penggunaan aksesoris yang membutuhkan daya listrik tinggi, dapat membebani spul dan berujung pada kerusakan.

Kapasitas spul motor matic dirancang untuk menghasilkan arus listrik dengan daya tertentu. Jika dilampaui, spul akan bekerja ekstra keras, menghasilkan panas berlebih, dan berisiko terbakar.

2. Korsleting Listrik

Korsleting listrik bisa terjadi akibat kelalaian kecil, seperti kabel yang terkelupas atau  sambungan kabel yang longgar. Kondisi ini menyebabkan arus listrik mengalir ke jalur yang tidak semestinya, dan dampaknya bisa fatal.  

BACA JUGA:10 Teknologi dan Fitur Canggih Motor Matic Terbaru untuk Meningkatkan Keselamatan Berkendara

BACA JUGA:Kenapa Air Radiator Motor Matic Perlu Diganti Secara Berkala? Ini Jawabannya

Arus yang nyasar tersebut dapat merusak komponen kelistrikan, termasuk spul. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan kondisi kabel secara rutin, dan memastikan semua sambungan terpasang dengan baik.

3. Aki yang Rusak

Aki yang sudah "tewas" tak hanya membuat motor sulit dihidupkan, tetapi juga bisa menjadi biang keladi kerusakan spul. Aki yang rusak mengalami penurunan kemampuan dalam menyimpan arus listrik.  

Akibatnya, spul harus bekerja lebih keras  untuk mengisi aki yang tak kunjung penuh. Kondisi ini menyebabkan spul cepat panas dan berpotensi rusak.  

Jadi jika Anda merasakan aki motor matic cepat habis, jangan tunda untuk melakukan pengecekan dan penggantian jika diperlukan.

4. Jalan Berlubang dan Bergelombang

Sering melintasi jalan berlubang dan bergelombang? Hati-hati kondisi jalan yang rusak, dapat  menyebabkan getaran pada motor yang berdampak buruk pada spul.  

BACA JUGA:Murah Banget! Inilah 5 Daftar Pilihan Ban Tubeless Terbaik Untuk Motor Matic Mulai Rp 100 Ribu

BACA JUGA:Wajib Tahu! Bahaya Membersihkan Busi Motor Matic Menggunakan Amplas

Getaran yang keras dan terus menerus, dapat menggerakan dan merenggangkan lilitan pada spul. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama lilitan tersebut bisa putus, sehingga spul tidak dapat menghasilkan arus listrik dengan baik.  

Solusinya? Hindari sebisa mungkin berkendara di jalan rusak, dan pastikan tekanan angin pada ban selalu sesuai anjuran pabrikan.

5. Air dan Debu

Spul yang terpapar air dan debu dalam jangka waktu lama, dapat mengalami kerusakan pada lilitan dan isolasi. Air dapat menyebabkan karat dan korosi pada lilitan spul, sehingga menganggu aliran arus listrik.  

Debu yang menumpuk juga bisa menimbulkan efek serupa. Selain itu, debu yang menempel  pada spul dapat menyebabkan peningkatan suhu operasional, yang pada akhirnya  bisa  mempercepat kerusakan.  

BACA JUGA:Tertarik Beli Motor Matic Honda BeAT Street 2024 ? Simak Dulu Kelebihan Dan Kekurangannya

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Gear 125 yang Harus Dipahami Sebelum Membeli

Oleh karena itu penting untuk selalu memastikan area sekitar spul selalu bersih, dan terhindar dari paparan air secara langsung.

6. Usia Pemakaian

Sama seperti komponen mesin lainnya, spul juga memiliki usia pakai. Seiring berjalannya waktu dan pemakaian, lilitan pada spul dapat  menjadi rapuh dan mudah putus.  

Hal ini menyebabkan spul tidak dapat menghasilkan arus listrik  dengan baik. Umumnya, usia pakai spul motor matic berkisar antara 3 hingga 5 tahun, tergantung dari intensitas pemakaian dan cara perawatan.  

Jika Anda sudah merasakan gejala kerusakan spul, segera lakukan pemeriksaan dan penggantian di bengkel resmi untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

7. Servis Motor yang Tidak Rutin

Kebiasaan menunda servis motor matic bisa berakibat fatal, tak terkecuali  pada spul. Debu dan kotoran yang menumpuk pada spul, dapat menyebabkan peningkatan suhu operasional dan mempercepat kerusakan.  

BACA JUGA:Powerfull ! Motor Matic New Honda Vario 160 Miliki Mesin Overbore eSP Plus

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Honda Stylo 160 Bergaya Retro

Selain itu kelalaian dalam memeriksa kondisi spul saat servis, juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak terdeteksi. Oleh karena itu, patuhilah jadwal servis motor matic secara rutin di bengkel resmi, untuk memastikan kondisi spul dan komponen lainnya selalu prima.

Dengan mengetahui penyebab kerusakan spul motor matic, Anda dapat melakukan berbagai langkah untuk mencegah, mendeteksi, dan mengatasi kerusakan dengan tepat. Hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya, meningkatkan keselamatan berkendara, dan memperpanjang usia motor matic Anda. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: