Inilah Jenis Oli yang Penting untuk Motor Matic

Inilah Jenis Oli yang Penting untuk Motor Matic

Rekomendasi oli terbaik untuk motor matic Anda: pilihlah rekomendasi oli dibawah, untuk memberikan lubrikasi sempurna, hemat BBM, dan ramah lingkungan.-Pinterest -

1. Oli Mesin

Penggunaan oli yang tepat dan penggantian secara rutin adalah kunci untuk menjaga performa motor matic tetap optimal. Berikut ini adalah panduan jenis oli yang penting untuk motor matic, dengan fokus pada jenis oli, standar kualitas, dan interval penggantian.

Terdapat dua jenis oli mesin motor matic yang dibedakan berdasarkan sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization), yaitu JASO MA dan JASO MB. Berikut penjelasanya:

1. JASO MA

Oli ini digunakan untuk sepeda motor dengan kopling basah, di mana komponen kopling terendam dalam oli mesin. Contohnya adalah motor sport dan motor cub. Oli jenis ini dirancang untuk memberikan pelumasan optimal pada komponen kopling.

2. JASO MB

Oli ini digunakan untuk sepeda motor dengan kopling kering, seperti pada motor matic. Pada motor matic, kopling tidak terendam oli mesin, sehingga oli JASO MB dirancang untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin tanpa mempengaruhi kinerja kopling.

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha NMAX

BACA JUGA:Keuntungan Membeli Motor Matic Yamaha XMAX

Selain sertifikasi JASO (Japanese Automotive Standards Organization), oli mesin juga memiliki standar kekentalan dan kualitas yang ditetapkan oleh dua organisasi penting:

1. SAE (Society of Automotive Engineer)

Standar ini menentukan indeks kekentalan oli. Misalnya, kode SAE: 10W-30 menunjukkan bahwa oli ini memiliki kekentalan yang sesuai untuk berbagai suhu operasional mesin, baik saat dingin maupun panas.

2. API (American Petroleum Institute)

Standar API menetapkan tingkat kualitas oli berdasarkan kemampuannya menjaga performa mesin. Misalnya, API-SL adalah salah satu standar kualitas yang menunjukkan bahwa oli tersebut memiliki kemampuan tinggi untuk melindungi mesin dari keausan dan korosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: