PT Berkah Mutiara Selatan Ekspor Perdana Ikan Layur Beku ke Tiongkok

PT Berkah Mutiara Selatan Ekspor Perdana Ikan Layur Beku ke Tiongkok

Direktur PT BMS, Sukainah bersama PJ Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri memecahkan kendi pada kontainer sebagai tanda pelepasan ekspor perdana ikan layur beku ke Tiongkok.-PT BMS untuk Radarmas -

Ekspor perdana ikan layur beku ini membuktikan jika hasil perikanan Cilacap melimpah dan diminati pasar internasional.

"Ini bisa membawa keberkahan bagi semua, baik tenaga kerja maupun masyarakat sekitar termasuk Cilacap. Semoga ekspor berjalan lancar, semakin berkembang dan PT. BMS bisa terus melakukan ekspor berkelanjutan sehingga menambah devisa bagi Indonesia. Termasuk ekspor produk-produk yang lain, karena saya yakin Cilacap memiliki sumber daya alam yang melimpah tinggal bagaimana mengolahnya," kata Pj Bupati Cilacap.

BACA JUGA:BPD Kabupaten Cilacap Minta Kenaikan Kesejahteraan Anggota

BACA JUGA:Tugu Lilin Cilacap Mulai Direnovasi, Bakal Dibangun Setinggi 16 Meter

Karenanya, lanjut Awaluddin, pemerintah harus hadir, pemerintah harus bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang timbul seperti perizinan harus dipermudah sehingga menarik minat investor untuk mengembangkan usahanya di Cilacap.

"Harapannya Cilacap menjadi pusat produksi seperti pengolahan ikan, pabrik pengolahannya ada disini, jadi tidak sekedar numpang lewat. Hasil tangkapan ikan dari laut bisa diolah disini. Kita sudah siapkan lahan kawasan industri seluas 82 hektar milik PT CSA, perizinannya juga ada disini untuk mempermudah pengusaha-pengusaha di Cilacap seperti bu Inah," tandasnya.

Sementara itu Plt Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP) Yogyakarta, Muhammad Taufiq Trisnajaya mengatakan, UPI PT. Berkah Mutiara Selatan juga telah teregistrasi sebagai eksportir untuk produk perikanan ikan layur beku dan ubur-ubur asin ke negara Tiongkok dan Taiwan, dimana ini menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi PT. Berkah Mutiara Selatan.

"Menjadi peluang karena dengan telah diterapkannya sistem HACCP, dan telah dimiliknya nomor registrasi tersebut, maka peluang untuk memasarkan produk perikanan tersebut sudah terbuka lebar. Sedangkan tantangannya adalah bagaimana agar PT. BMS tetap konsisten menerapkan sistem HACCP pada semua aktivitas produksinya, sehingga pintu peluang ekspor yang sudah berhasil dibuka tersebut istilahnya tidak tertutup kembali, karena menurunnya tingkat konsistensi dan komitmen UPI dalam menerapkan sistem mutu tersebut," katanya.

Acara pelepasan ekspor perdana layur beku PT. Berkah Mutiara Selatan ke Tiongkok dihadiri Pj Bupati Cilacap, Plt Kepala BPPMHKP Yogyakarta, Plt Kepala BPPMHKP Semarang, Kepala Balai KHIT Jawa Tengah, Kepala PPS Cilacap, Kepala Stasiun PSDKP Cilacap, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap dan tamu undangan lainnya. (ray/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: