SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya

SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya

SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya-lazada-

BACA JUGA:Anda Perlu Tahu! 7 Tanda Busi Motor Matic Sudah Soak

BACA JUGA:5 Alasan untuk Tidak Membeli Motor Matic Yamaha Xmax

a. Pilih Oli yang Tepat. Gunakan oli shock absorber yang berkualitas, dan sesuai dengan anjuran pabrikan motor Anda. Oli yang tepat, akan menjaga kelenturan seal shock dan melindunginya dari kekeringan dan kegetasan.
    
b. Ganti Oli Secara Berkala. Oli shock absorber memiliki batas pakai, gantilah oli shock absorber secara berkala sesuai dengan jadwal yang dianjurkan pabrikan. Hal ini untuk memastikan fungsi pelumasan tetap optimal, dan mencegah kerusakan seal shock.
    
c. Rajin Mencuci Motor. Mencuci motor secara rutin tidak hanya membuat motor Anda tampil bersih dan kinclong, tetapi juga dapat membantu membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada sokbreker. Dengan demikian, risiko goresan pada seal shock akibat partikel debu dapat diminimalisir.
    
d. Hindari Beban Berlebih. Sesuaikan beban bawaan dengan kapasitas motor matic Anda. Jangan memaksakan diri membawa barang yang terlalu berat, karena dapat memberikan tekanan berlebihan pada sokbreker dan berpotensi mengakibatkan kebocoran seal shock.

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Matic Honda Stylo 160

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic Dengan Teknologi Smart Charger Terbaik
    
c. Berkendara dengan Wajar. Hindari gaya berkendara yang agresif, lintasi jalanan rusak dengan kecepatan rendah dan hindari manuver ekstrem. Gaya berkendara yang wajar, dapat memperpanjang usia pakai sokbreker dan mencegah kebocoran seal shock.
    
d. Periksa Kondisi Seal Shock. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi seal shock, perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti getas, keretakan, atau rembesan oli. Jika mendapati gejala tersebut, segera lakukan penggantian seal shock dengan yang baru.
    
e. Pastikan Pemasangan Benar. Saat mengganti seal shock, pastikan proses pemasangan dilakukan dengan benar. Jika Anda tidak percaya diri, serahkan penggantian seal shock kepada bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda.

Dengan mengetahui penyebab seal shock motor matic bocor dan menerapkan langkah pencegahan, Anda dapat menjaga performa sokbreker dan menjamin kenyamanan serta keamanan saat berkendara. Ingat sokbreker yang sehat akan membuat motor matic Anda tetap stabil, dan menyenangkan untuk diajak berkendara. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: