SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya

SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya

SIMAK! 7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor, dan Cara Pencegahannya-lazada-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab seal shock motor matic bocor menjadi hal penting untuk diketahui, karena dapat berakibat fatal pada performa dan keamanan berkendara. Sehingga pengendara dapat melakukan langkah antisipasi, agar terhindar dari kebocoran seal shock dan menjaga performa serta keamanan kendaraannya.

Shock absorber atau shockbreaker kerap disebut sokbreker dalam bahasa sehari-hari, adalah komponen vital pada motor matic. Ia bagaikan peredam kejut, yang memastikan kenyamanan dan kestabilan berkendara.  

Bayangkan melewati jalanan berlubang tanpa sokbreker, pasti badan terasa terguncang hebat. Nah, salah satu komponen penting dalam sokbreker adalah seal shock.

Fungsinya tak kalah penting, yaitu menahan oli agar tidak keluar dan melumasi komponen internal sokbreker. Oli ini berperan menjaga kelancaran gerak komponen internal, sekaligus meredam benturan saat motor matic melaju di permukaan tidak rata.  

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Mengatasi Motor Matic yang Terkena Banjir, Hindari Kerusakan Serius

BACA JUGA:Waspadai! Hal yang dapat Menyebabkan Tangki Bensin Motor Matic Berkarat, Berakibat Kebocoran

Jika seal shock bocor oli akan terhisap keluar, sehingga sokbreker kehilangan kemampuan optimalnya. Ini bisa berujung pada handling yang tidak stabil, suspensi terasa keras, hingga kerusakan pada komponen sokbreker lainnya.  

Oleh karena itu mengenali penyebab seal shock motor matic bocor, menjadi langkah awal untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

7 Penyebab Seal Shock Motor Matic Bocor

Berikut ini beberapa penyebab utama, mengapa seal shock motor matic bisa bocor:

1. Kerusakan Seal Shock itu Sendiri

Seal shock terbuat dari karet seiring waktu dan pemakaian, karet tersebut bisa mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa karena gesekan terus-menerus dengan batang sokbreker dan paparan oli.

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:SIMAK 5 Penyebab Bendik Starter Motor Matic Rusak, Wajib Diwaspadai!

Karet yang sifatnya elastis, lama-lama akan getas dan kehilangan kemampuannya untuk menempel rapat.  Akibatnya, oli bisa merembes keluar dari celah yang terbentuk.  

Biasanya kebocoran akibat kerusakan seal shock ini, ditandai dengan adanya rembesan oli pada bagian luar sokbreker.

2. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu, yang menempel pada batang sokbreker bisa menjadi masalah serius.  Partikel debu dan kotoran ini bisa bersifat abrasif mengores permukaan seal shock, goresan inilah yang kemudian bisa menjadi jalan keluarnya oli.

Selain itu, debu yang menumpuk juga bisa membuat seal shock menjadi lebih cepat getas.  Oleh karena itu, penting untuk membersihkan sokbreker secara berkala.  

BACA JUGA:Anti Kendor! Inilah 5 Cara Merawat Rantai Motor Matic yang Tepat

BACA JUGA:5 Penyebab Rantai Motor Matic Menjadi Aus dan Kendor

Terutama setelah melewati jalanan berdebu, berlumpur, atau saat musim hujan di mana paparan air dan kotoran semakin tinggi.

3. Oli Shock Absorber yang Kotor atau Rusak

Oli shock absorber tidak seperti oli mesin yang diganti rutin setiap beberapa bulan. Namun, oli shock absorber juga memiliki batas pakai.  

Oli yang sudah kotor atau rusak, tidak lagi memiliki kemampuan pelumasan yang optimal. Oli yang rusak bisa bersifat korosif, mengeringkan karet seal shock, dan membuatnya getas lebih cepat.  

Akibatnya seal shock tidak bisa lagi menempel dengan rapat pada batang sokbreker, membuat oli merembes keluar. Solusinya? Ganti oli shock absorber secara berkala sesuai dengan petunjuk pabrikan.

4. Beban Berlebih, Musuh Berat Sokbreker

Motor matic memang dikenal sebagai kendaraan yang praktis, untuk membawa barang namun ada batasannya. Membawa beban yang terlalu berat melebihi kapasitas bawa motor, bisa memberikan tekanan berlebihan pada sokbreker.

BACA JUGA:5 Tips Penting Menjalani Masa Inreyen Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Penyebab Utama Velg Motor Matic Menjadi Penyok

Tekanan berlebih ini bisa membuat seal shock tertekan, dan tidak bisa menempel dengan sempurna pada batang sokbreker. Alhasil oli bisa merembes keluar, selain itu membawa beban berlebih juga bisa membuat komponen sokbreker lainnya cepat aus.  

Jadi ada baiknya untuk bijak dalam membawa barang, dan tidak melebihi kapasitas bawa motor matic Anda.

5. Gaya Berkendara Agresif, Perusak Kenyamanan

Gaya berkendara yang agresif seperti sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi, mengerem mendadak, atau melakukan manuver ekstrem. Membuatnya dapat mempercepat kerusakan pada seal shock.

Mengapa? Saat melewati jalan rusak dengan kecepatan tinggi, sokbreker akan bekerja ekstra keras untuk meredam benturan.  Hal ini bisa membuat seal shock tertekan secara berlebihan, dan berpotensi bocor.

BACA JUGA:Tidak Perlu Pusing! Inilah 6 Cara Mudah Memperbaiki Velg Motor Matic yang Penyok

BACA JUGA:5 Alasan Ban Depan dan Belakang Motor Matic Memiliki Ukuran yang Berbeda

Begitu pula dengan manuver ekstrem, gerakan ekstrem ini bisa membuat sokbreker bekerja tidak sesuai peruntukannya. Sehingga menimbulkan tekanan tidak normal pada seal shock, yang berakibat pada kebocoran.  

Oleh karena itu demi keamanan dan kenyamanan berkendara, sebaiknya lebih menghindari gaya berkendara yang agresif.

6. Kerusakan Batang Shock Absorber

Batang shock absorber tidak luput dari potensi kerusakan, goresan atau lekukan pada permukaan batang sokbreker bisa menjadi masalah. Karena permukaan yang tidak rata tersebut, dapat membuat seal shock tidak bisa menempel dengan sempurna.

Akibatnya, oli bisa merembes keluar dari celah antara seal shock dan batang sokbreker. Jika Anda mendapati adanya goresan atau lekukan pada batang sokbreker, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.  

BACA JUGA:Perhatikan! Cara Kerja dan Fungsi Oli Pada Mesin Motor Matic

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 5 Penyebab Utama Motor Matic Tidak Bisa Distarter

Jangan tunda perbaikan, sebab kebocoran yang terus dibiarkan bisa merusak komponen sokbreker lainnya. Sehingga nantinya Anda dapat mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih banyak lagi.

7. Kesalahan Pemasangan Seal Shock

Proses pemasangan seal shock yang tidak tepat, juga bisa menjadi penyebab kebocoran. Seal shock yang tidak terpasang dengan benar atau terbalik, bisa menyebabkan oli tidak tertahan dengan baik dan akhirnya bocor.

Karena itu, penting untuk memasang seal shock sesuai dengan petunjuk pabrikan. Jika Anda tidak terbiasa dengan urusan bongkar pasang komponen motor, sebaiknya serahkan  penggantian seal shock kepada bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda.

Langkah Antisipasi Menjaga Kesehatan Seal Shock

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kebocoran seal shock motor matic:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: