4 Cara yang Salah Ketika Memanaskan Motor Listrik, HINDARI!

4 Cara yang Salah Ketika Memanaskan Motor Listrik, HINDARI!

Cara yang Salah Ketika Memanaskan Motor Listrik-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada beberapa cara yang salah ketika memanaskan motor listrik yang perlu dihindari. Apa saja kesalahan tersebut?

Memiliki motor listrik memberikan banyak keuntungan, termasuk ramah lingkungan dan biaya operasional yang lebih rendah. Namun, seperti kendaraan lainnya, motor listrik juga memerlukan perawatan yang tepat agar tetap berkinerja optimal.

Salah satu langkah penting dalam perawatan motor listrik adalah memanaskan mesin dengan benar sebelum digunakan. Meskipun memanaskan motor listrik bisa menjadi rutinitas sehari-hari bagi sebagian orang, ada beberapa cara yang salah yang seringkali dilakukan dan dapat merugikan motor listrik Anda.

Setidaknya ada 4 cara yang salah ketika memanaskan motor listrik yang perlu dihindari.

1. Memanaskan Motor Terlalu Lama

Salah satu kesalahan umum yang kerap terjadi saat memanaskan motor listrik adalah kebiasaan membiarkannya terlalu lama dalam proses pemanasan. Memang, pemanasan mesin sebelum digunakan merupakan praktek yang penting guna memastikan agar oli dan komponen lainnya mencapai suhu yang optimal untuk berfungsi. 

BACA JUGA:4 Bahaya Memanaskan Motor Listrik di Dalam Rumah, Kenali dan Hindari!

BACA JUGA:AWAS Nggak Perlu Digeber! Lakukan 5 Cara Memanaskan Motor Listrik yang Benar

Namun, apabila proses pemanasan dilakukan terlalu lama, ini bisa berujung pada pemborosan energi yang tidak perlu dan juga dapat memperpendek masa pakai baterai kendaraan. Secara umum, disarankan untuk memanaskan motor listrik selama 1-2 menit saja, yang sudah cukup untuk mencapai suhu yang memadai agar mesin dapat beroperasi dengan efisien.

Memanaskan motor listrik terlalu lama tidak hanya berpotensi merugikan dari segi efisiensi energi dan masa pakai baterai, tetapi juga dapat meningkatkan risiko overheating. Saat mesin terlalu panas akibat pemanasan yang berlebihan, ini dapat merusak komponen internal mesin dan mengganggu kinerja secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting bagi para pemilik motor listrik untuk memahami waktu yang tepat dan cukup saat melakukan proses pemanasan sebelum penggunaan. Dengan mematuhi aturan umum pemanasan selama 1-2 menit, kita dapat menjaga keseimbangan yang baik antara mencapai suhu optimal dan menghindari masalah yang mungkin timbul akibat overheating.

2. Memanaskan Motor di Tempat Tertutup 

Memilih tempat yang tidak memiliki ventilasi yang baik saat memanaskan motor listrik juga merupakan kesalahan yang sering terjadi. Memanaskan motor di dalam ruangan tertutup atau area yang tidak memiliki sirkulasi udara yang memadai dapat mengakibatkan penumpukan gas buang dan uap yang berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: