Jangan Panik! Ini Cara Praktis Mengatasi Motor Listrik yang Tidak Bisa Digas

Jangan Panik! Ini Cara Praktis Mengatasi Motor Listrik yang Tidak Bisa Digas

Ilustrasi Cara Mengatasi Motor Listrik yang Tidak Bisa Digas-Freepik-

Jika setelah melakukan perbaikan sendiri masalah masih belum teratasi, disarankan untuk membawa motor listrik Anda ke bengkel servis kendaraan listrik terdekat. Para teknisi yang berpengalaman akan dapat membantu Anda melakukan perbaikan yang lebih mendalam dan memastikan bahwa motor listrik Anda dapat kembali berfungsi dengan baik.

Selain kendala tidak bisa digas, ada beberapa masalah umum lain yang biasa terjadi di motor listrik. Apa saja?

Masalah Umum pada Motor Listrik

Berikut beberapa masalah umum yang sering terjadi pada motor listrik, serta penyebabnya, langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil, dan solusi untuk mengatasinya.

1. Masalah Panas Berlebihan dan Suhu Tinggi

Motor listrik cenderung menghasilkan panas saat digunakan. Namun, jika panas yang dihasilkan melebihi batas yang diperbolehkan, ini dapat menyebabkan kerusakan pada motor dan komponen-komponennya.

BACA JUGA:Penting! Cara Merawat dan Mengatasi Kerusakan Baterai Motor Listrik United E-Motor

BACA JUGA:9 Cara Mengatasi Handle Gas Motor Listrik yang Macet, Solusi Praktis untuk Masalah Umum pada Kendaraan Listrik

Peningkatan suhu motor juga dapat merusak bagian-bagian penting seperti bantalan dan rotor. Untuk mencegah masalah ini, penting untuk secara rutin memeriksa seberapa keras motor digunakan dan memastikan ventilasi yang cukup untuk mendinginkan motor.

2. Masalah Lonjakan Daya

Motor listrik membutuhkan daya untuk beroperasi dengan baik, namun penggunaan energi yang berlebihan dapat menyebabkan masalah yang disebut sebagai lonjakan daya. Hal ini terjadi ketika penggunaan energi oleh motor melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. 

Untuk menghindari lonjakan daya, pastikan motor listrik Anda dilengkapi dengan pengendali kecepatan variabel, dan konsultasikan dengan bengkel resmi jika Anda mengalami masalah terkait penggunaan energi.

3. Masalah Kerusakan dan Abrasi Bearing

Meskipun ukurannya kecil, bearing memainkan peran yang sangat penting dalam kinerja motor listrik. Kerusakan pada bearing dapat menyebabkan masalah serius dalam operasi motor. Untuk mendeteksi gejala kerusakan bearing, perhatikan apakah motor mengalami getaran yang tidak wajar. 

BACA JUGA:WAJIB TAU! Cara Mengatasi Kerusakan pada Controller Motor Listrik, untuk Memperpanjang Usia Pakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: