Viral! Turunkan UKT Unsoed di Medsos, Warganet : UKT Elit, Fasilitas Sulit

Viral! Turunkan UKT Unsoed di Medsos, Warganet : UKT Elit, Fasilitas Sulit

Tangkapan Layar Instagram--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Jagat media sosial Instagram hingga aplikasi X dihebohkan dengan viralnya kenaikan UKT Unsoed. Bahkan tagar #TurunkanUKTUNsoed menjadi trending di aplikasi X dan menjadi perbincangan berbagai warganet. 

"Baru-baru ini, fakta mengejutkan terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kenaikan UKT untuk mahasiswa baru 2024 telah memunculkan banyak pertanyaan mengenai alasan di balik kebijakan kenaikan UKT yang drastis ini," kata akun @batir_unsoed dalam postingannya di Instagram. 

Menurutnya, kurangnya transparansi dalam proses kenaikan UKT dan minimnya sosialisasi telah menimbulkan keresahan bagi semua mahasiswa baru. Apalagi langkah yang diambil oleh Unsoed dinilai kurang transparan dalam pengambilan keputusan tersebut. 

BACA JUGA:Alasan Sepeda Motor Harus di Jalur Lambat ala Honda Istimewa

Sebagai bahan perbandingan dalam postingan itu juga dijelaskan, biaya UKT untuk jurusan Hubungan Internasional pada tahun 2023 pada golongan 7 dikenai biaya Rp 3.500.000 namun di tahun 2024 di golongan yang sama menjadi Rp 14.081.000. Lalu jurusan Peternakan peternakan tahun 2023 di pada golongan 5 sebesar Rp 2.500.000 tapi di tahun 2024 naik pesat menjadi Rp 12.500.000 di golongan yang sama.

"Calon mahasiswa baru, terutama yang berasal dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu, kini dihadapkan pada pilihan yang sulit yakni mengorbankan lebih banyak uang untuk mendapatkan pendidikan atau meninggalkan impian mereka dalam menempuh pendidikan. Harapannya adalah kebijakan ini dapat diperbaiki agar pendidikan tetap dapat diakses oleh semua kalangan tanpa mengorbankan moral dan keadilan," lanjutnya dalam postingan. 

Sementara itu, dari pantauan Radarbanyumas, postingan ini telah mendapatkan ribuan tanggapan dari warganet di Instagram. 

BACA JUGA:57 Kades Terpilih di Banjarnegara Dilantik Akhir Bulan Ini

"ukt elit fasilitas sulit," tulis akun lex***pt*.

"Semoga segera tertangani dengan baik, jangan sampai akses pendidikan dipersulit hanya untuk orang2 kaya, pendidikan adalah hak segala bangsa, panjang umur perjuangan," komentar pemilik akun @Y*k*na*_. 

Hingga berita ini dimuat, Radarbanyumas masih menunggu konfirmasi dari pihak Unsoed. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: