Beda Atau Sama! Perawatan Antara Motor Listrik dengan Motor Konvensional

Beda Atau Sama! Perawatan Antara Motor Listrik dengan Motor Konvensional

Perawatan Motor Listrik vs. Motor Konvensional. Apakah Berbeda -mindset-viva-

BACA JUGA:Cara Mengganti Kampas Rem Motor Listrik, Mudah Tanpa Harus ke Bengkel

BACA JUGA:Punya Desain yang Hampir Mirip, ini Perbedaan Motor Listrik Uwinfly T3 dan Uwinfly T3 Pro

2. Sistem Transmisi

- Motor Konvensional : Seringkali dilengkapi dengan transmisi manual atau otomatis yang memerlukan perawatan seperti penggantian cairan transmisi, penyesuaian, dan kadang-kadang penggantian komponen seperti kopling.

- Motor Listrik : Umumnya memiliki transmisi yang lebih sederhana, atau bahkan tidak memiliki transmisi sama sekali, yang mengurangi kebutuhan akan perawatan.

3. Sistem Pendingin 

- Motor Konvensional : Memerlukan sistem pendingin yang efektif untuk mencegah mesin overheat. Ini sering melibatkan perawatan seperti penggantian cairan pendingin dan pemeriksaan secara rutin.

- Motor Listrik : Karena tidak ada pembakaran internal, motor listrik cenderung menghasilkan panas yang lebih sedikit dan tidak memerlukan sistem pendingin yang rumit.

BACA JUGA:9 Kekurangan yang Perlu Diketahui dalam Bisnis Sewa Motor Listrik, Masih Banyak Solusi

BACA JUGA:Ide Usaha Sewa Motor Listrik, Masa Depan yang Lebih Ramah Lingkungan

4. Sistem Pengereman

- Motor Konvensional : Memerlukan perawatan pengereman seperti penggantian kampas rem dan pemeriksaan rutin pada sistem pengereman.

- Motor Listrik : Sistem pengereman pada motor listrik sering kali mengandalkan pengereman regeneratif, yang memanfaatkan energi kinetik untuk mengisi ulang baterai.

5. Perawatan Baterai 

- Motor Listrik: Salah satu komponen kunci pada motor listrik adalah baterainya. Meskipun baterai pada motor listrik umumnya tahan lama, perawatan yang tepat diperlukan untuk memperpanjang umur baterai dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: