Perbedaan Perawatan Motor Matic vs Motor Manual, Lebih Mahal Mana ?

Perbedaan Perawatan Motor Matic vs Motor Manual, Lebih Mahal Mana ?

Penjelasan mengenai perawatan pada sepeda motor matic dan perawatan pada sepeda motor manual.-Fahma Ardiana-

Beberapa sumber menyebutkan bahwa biaya perawatan sepeda motor bertransmisi matic lebih tinggi dibandingkan biaya perawatan sepeda motor bertransmisi manual, sebab SOP pelayanan keduanya berbeda.

Tidak ada perbedaan besar antara keduanya, baik sepeda motor matic maupun sepeda motor manual, mulai dari perawatan atau pemeriksaan berkala, hingga pemeriksaan klep dan penggantian oli, namun pemeriksaan CVT juga ditambahkan, terutama pada sepeda motor bertransmisi matic.

Transmisi CVT pada sepeda motor bertransmisi matic harus diperiksa untuk memastikan V-belt tidak putus saat berkendara.

Namun perlu diketahui, pemeriksaan dan pemasangan transmisi CVT pada kendaraan sepeda motor matic hanya dilakukan setiap kelipatan 8.000 kilometer.

Penambahan SOP servis ini meningkatkan biaya perawatan sepeda motor matic, dibandingkan sepeda sepeda motor manual karena tersedianya tambahan layanan sewa pembongkaran dan pemasangan transmisi CVT.

Perawatan motor matic dan sepeda motor manual sebenarnya tidak terlalu rumit jika diimbangi dengan penggunaan yang benar dan perawatan rutin yang disiplin, terutama penggantian oli mesin dan oli transmisi. 

Demikianlah penjelasan mengenai perawatan pada motor matic dan perawatan pada sepeda motor manual. Apakah Anda pemilik sepeda motor matic maupun motor manual juga sering mengalami hal serupa? (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: