Cara Mengendarai Motor Matic dengan Tepat untuk Pemula

Cara Mengendarai Motor Matic dengan Tepat untuk Pemula

Beberapa cara yang tepat untuk mengendarai sepeda motor matic untuk para pemula.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Agar Selalu Prima

BACA JUGA:Perawatan Motor Matic yang Perlu untuk Diperhatikan

Saat mengendarai sepeda motor matic, usahakan mengambil posisi yang nyaman. Kenyamanan tempat duduk penting agar pengendara dapat mengendalikan sepeda motor maticnya dengan baik, terutama saat berakselerasi.

Dalam kasus motor matic, kecepatan hanya ditentukan oleh seberapa keras gas ditarik, oleh karena itu pengendalian gas yang terampil adalah hal yang paling penting.

Posisi duduk yang nyaman membuat pengendara dapat mengontrol kecepatan sepeda motor dengan baik.

5. Kontrol gas

Kontrol gas adalah langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan ketika mempelajari cara mengoperasikan sepeda motor matic.

Perlu diperhatikan bahwa sepeda motor matic dengan transmisi otomatis tidak menggunakan kopling atau persneling, sehingga menarik pedal gas sedikit saja sudah cukup membuat sepeda motor melaju dengan sangat kencang.

Oleh karena itu, pengemudi harus mampu mengendalikan grip gas dengan baik. Menarik gas secara perlahan akan membuat kecepatan sepeda motor menjadi lebih halus dan mudah dikendalikan.

6. Pengendalian tuas rem yang baik

Jika tangan kanan berperan mengendalikan pegangan gas, maka tangan kiri pengemudi juga harus menguasai tuas rem dengan baik.

Tuas rem di sebelah kiri merupakan rem belakang, yang memungkinkan Anda menghentikan sepeda secara perlahan agar tidak berhenti mendadak.

Namun di sisi kanan terdapat tuas rem depan yang diperlukan untuk segera menghentikan putaran roda dalam keadaan darurat. Pengendara perlu membiasakan diri menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.

7. Kuasai kondisi jalan

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sepeda motor matic, Anda juga perlu mengetahui kondisi jalan yang Anda kendarai. Sangat penting bagi pengemudi untuk dapat mengendalikan jalan yang mereka lalui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: