WAJIB TAU! Rahasia Perawatan Motor Listrik yang Sederhana dan Efektif

WAJIB TAU! Rahasia Perawatan Motor Listrik yang Sederhana dan Efektif

WAJIB TAU! Rahasia Perawatan Motor Listrik yang Sederhana dan Efektif-unitedmotor-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rahasia perawatan motor listrik yang sederhana dan efektif, dapat Anda lakukan untuk menjaga motor listrik tetap dalam keadaan optimal. motor listrik terkenal dengan ramah lingkungan dan hemat biaya, selian itu motor listrik juga menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Namun sama seperti kendaraan berbahan bakar bensin, motor listrik pun memerlukan perawatan agar performanya tetap optimal dan usia pakainya lama. Kelalaian dalam perawatan dapat membuat motor listrik cepat rusak, dan biaya perbaikan yang mahal.

Dengan mengikuti rahasia perawatan motor listrik yang sederhana dan efektif, Anda dapat memastikan motor listrik Anda selalu dalam kondisi prima.



1. Baterai

Baterai merupakan jantung dari motor listrik, dengan kapasitas dan performa baterai menentukan seberapa jauh Anda dapat berkendara. Oleh karena itu perawatan baterai menjadi prioritas utama, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat baterai motor listrik:

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Inilah Rekomendasi Motor Listrik yang Cocok untuk Mudik Lebaran

BACA JUGA:Lagi Cari Motor Listrik? Inilah Rekomendasi Motor Listrik Harga 20 Jutaan

a. Pengisian Daya yang Tepat

Baterai memiliki usia pakai yang optimal jika pengisian daya dilakukan secara benar. Hindari kebiasaan overcharging (pengisian daya berlebihan), dan deep discharge (pengosongan daya hingga baterai mati).

Sebaiknya lakukan pengisian daya ketika level baterai mencapai 20%, dan hentikan pengisian ketika sudah mencapai 80%. Kebiasaan ini akan menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umurnya.

b. Gunakan Charger Original

Jangan menggunakan sembarang charger untuk mengisi daya baterai motor listrik Anda, gunakan charger original yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi baterai bawaan motor. Charger original menjamin keamanan dan proses pengisian yang optimal.

c. Pengaruh Suhu Lingkungan

Rahasia perawatan motor listrik yang sederhana dan efektif selanjutnya ialah, baterai tidak menyukai suhu ekstrem baik panas maupun dingin. Suhu yang terlalu tinggi dapat mempercepat kerusakan baterai, sementara suhu yang terlalu dingin dapat mengurangi performanya.

BACA JUGA:Pengin Mudikmu Aman? Perhatikan Tips Mudik Menggunakan Motor Listrik agar Tidak Terjadi Overloading!

BACA JUGA:Awas! Daftar Penyebab Cat Body Motor Listrik Menjadi Tidak Awet

Untuk menjaga kesehatan baterai usahakan untuk menyimpan motor listrik Anda, di tempat yang sejuk dan kering. Jika Anda parkir di luar ruangan pada saat cuaca panas, gunakan penutup motor untuk melindungi baterai dari paparan sinar matahari langsung.

2. Sistem Pengereman

Rem memegang peranan penting dalam keselamatan berkendara, sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kecelakaan.  Meskipun motor listrik tidak menggunakan mesin bensin namun tetap perlu perawatan berkala, berikut tips merawat rem motor listrik:

a. Periksa Kampas Rem Secara Rutin

Kampas rem yang menjadi tipis akibat gesekan saat pengereman harus segera diganti, kampas rem yang aus tidak dapat bekerja secara optimal. Setidaknya lakukan pemeriksaan ketebalan kampas rem setiap satu bulan sekali.

b. Perhatikan Minyak Rem (khusus untuk rem hidrolis)

Motor listrik dengan rem hidrolis menggunakan minyak rem, untuk meneruskan tekanan hidrolik dari tuas rem ke kaliper rem. Periksa kondisi dan ketinggian minyak rem secara berkala, minyak rem kotor atau di bawah batas minimum harus diganti atau ditambahkan.

BACA JUGA:Daftar Lokasi Dealer Motor Listrik di Purwokerto dan Sekitarnya, Jangan Lewatkan

BACA JUGA:6 Tips Touring dengan Motor Listrik, Usahakan Pilih Kendaraan yang Fleksibel Charging

c. Bleeding Rem secara Berkala

Bleeding rem bertujuan untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam sistem rem, udara yang terperangkap dapat menyebabkan rem menjadi tidak berfungsi. Lakukan bleeding rem secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku panduan motor.

Jika Anda tidak terbiasa dengan prosedur bleeding rem, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel untuk dilakukan oleh mekanik berpengalaman.

3. Ban

Kondisi ban yang baik sangat berpengaruh terhadap handling motor listrik Anda.  Ban yang terawat dengan baik akan memberikan kestabilan saat bermanuver dan pengereman yang efektif. Berikut beberapa tips merawat ban motor listrik:

a. Periksa Tekanan Ban Secara Rutin

Tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan, akan memberikan kenyamanan berkendara dan performa motor yang optimal. Tekanan ban yang terlalu tinggi, dapat membuat handling motor terasa lebih keras dan berisiko pecah ban.

BACA JUGA:7 Tips Mengatasi Baterai Motor Listrik Habis di Jalan Saat Mudik, Hubungi Pihak ini Untuk Bantuan Darurat

BACA JUGA:10 Ciri-ciri Motor Listrik Terbaik, Ketahui Sebelum Membeli

Sementara tekanan ban yang kurang akan membuat boros baterai, dan mengurangi daya cengkeram ban ke jalan. Lakukan pengecekan tekanan ban minimal seminggu sekali, atau sebelum melakukan perjalanan jauh.

b. Perhatikan Indikator Keausan Ban

Setiap ban memiliki Tread Wear Indicator (TWI), yang berupa tonjolan kecil pada alur ban. Ketika permukaan ban sudah aus dan sejajar dengan TWI, maka itu tandanya ban sudah harus diganti.

Jangan menunggu ban botak pada pada motor listrik Anda, karena dapat menyebabkan kehilangan daya cengkeram dan meningkatkan risiko kecelakaan.

c. Hindari Berkendara dengan Ban Kempes

Berkendara dengan ban yang kempes dapat merusak ban dan velg. Saat ban kempes dinding ban akan terus menerus tertekuk, sehingga membuat bentuk ban menjadi tidak bulat sempurna.

BACA JUGA:Eksplorasi Teknologi Baterai Tanam pada Motor Listrik

BACA JUGA:Kekurangan Motor Listrik Roda Tiga

Selain itu velg juga tergores karena bergesekan dengan permukaan jalan secara langsung. Jika Anda tidak sengaja mengalami ban kempes, segera cari tambal ban atau bengkel terdekat untuk diisi angin.

4. Sistem Kelistrikan

Motor listrik mengandalkan sistem kelistrikan yang baik, agar dapat berfungsi dengan optimal. Sistem kelistrikan ini terdiri dari baterai, controller, dan motor listrik itu sendiri.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat sistem kelistrikan motor listrik:

a. Periksa Kabel dan Konektor Secara Berkala

Kabel dan konektor yang putus atau longgar, dapat mengganggu aliran listrik dan menyebabkan malfungsi pada motor listrik. Lakukan pemeriksaan secara visual untuk memastikan tidak ada kabel yang terkelupas, atau konektor yang longgar.

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Fitur Anti Maling pada Motor Listrik Sebelum Ditinggal Mudik, Ini Alasannya!

BACA JUGA:Berikut 5 Keunikan yang Dimiliki Motor Listrik, Wajib Tahu!

b. Gunakan Aksesoris Original

Pastikan untuk menggunakan aksesoris tambahan seperti lampu LED, atau sound system yang sesuai dengan spesifikasi kelistrikan motor Anda. Hindari penggunaan aksesoris yang membutuhkan daya listrik berlebihan, karena dapat membebani sistem kelistrikan dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

c. Hindari Mencuci Motor dengan Air Bertekanan Tinggi

Mencuci motor dengan air bertekanan tinggi, dapat menimbulkan resiko konsleting pada komponen kelistrikan. Sebaiknya gunakan air mengalir dengan tekanan rendah, dan berhati-hati saat menyemprot area sekitar motor dan komponen kelistrikan lainnya.

Dengan rahasia perawatan motor listrik yang sederhana dan efektif, Anda dapat menjaga  performa motor listrik tetap optimal dan memperpanjang usia pakainya. Motor listrik yang terawat dengan baik tidak hanya akan memberikan kenyamanan berkendara, tetapi juga mengurangi  biaya perbaikan di kemudian hari. (AKR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: