Cara Membaca Spesifikasi Motor Listrik

Cara Membaca Spesifikasi Motor Listrik

Cara untuk membaca spesifikasi sepeda motor listrik dengan benar yang harus kalian pahami jika ingin membeli sepeda motor listrik.-Fahma Ardiana-

2. Dinamo

Bagian ini merupakan motor penggerak kendaraan listrik. Sebenarnya mudah untuk membaca spesifikasi bagian dinamo sepeda motor listrik, yang perlu dicek pada dinamo adalah wattnya. 

Namun demikian, jangan mengoperasikan dinamo motor listrik dengan daya kurang dari 1.000 watt. Dinamo yang cukup untuk sebuah sepeda motor listrik adalah 1.200 watt.

BACA JUGA:Wajib Dicatat! Begini Cara Merawat Ban Motor Listrik DIJAMIN AWET

BACA JUGA:Hati-Hati! Ini 5 Alasan Kenapa Baterai Motor Listrik Tidak Bisa Diisi Ulang

3. Kecepatan dan Jangkauan

Kedua faktor ini penting untuk sepeda motor listrik. Kecepatan biasanya diukur dalam kilometer per jam atau kilometer per jam.

Nilai yang ditampilkan untuk kecepatan biasanya merupakan kecepatan maksimum. Oleh karena itu, ketika membaca bagian kecepatan pada spesifikasi sepeda motor listrik, bacalah seolah-olah kecepatan yang ditentukan adalah kecepatan maksimal.

Angka yang ditampilkan di bawah jarak tempuh biasanya mewakili total jarak yang dapat ditempuh dengan muatan penuh. Namun, Anda perlu mengisi daya baterai sebelum benar-benar kosong, yakni sebelum mencapai 20%.

4. Kapasitas Beban

Kapasitas beban atau load adalah berat beban yang mampu dipikul olehsepeda motor listrik. Hal ini penting karena dinamo bisa menjadi terlalu panas jika sepeda motor listrik kelebihan beban. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan bertanya mengenai daya dukung sepeda motor listrik.

5. TKDN

Persentase TKDN berada pada tingkat komponen dalam negeri. Hal ini akan mempengaruhi apakah sepeda motor listrik yang ingin Anda beli memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah saat membeli sepeda motor listrik. Syarat nilai TKDN yang dimaksud adalah 40%.

Itulah dia cara untuk membaca spesifikasi sepeda motor listrik dengan benar yang harus kalian pahami jika ingin membeli sepeda motor listrik. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: