FATAL BANGET, Penyebab Kerusakan Motor Listrik yang Sering Diabaikan

FATAL BANGET, Penyebab Kerusakan Motor Listrik yang Sering Diabaikan

Beberapa penyebab dan juga penyakit pada sepeda motor listrik yang sering pengguna abaikan.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemilik sepeda motor listrik perlu mengetahui penyebab kerusakan motor listrik yang sering diabaikan. Akibatnya bisa fatal untuk motor listrik Anda.

Penyebab kerusakan biasanya diawali dengan tanda-tanda kerusakan dinamo, atau biasa disebut BLDC motor listrik. Biasanya ditandai dengan adanya beban saat memutar dinamo saat mesin tidak dihidupkan.

Untuk dinamo penggerak tengah dan penggerak hub, berat putaran yang dihasilkan dapat digunakan untuk menentukan apakah dinamo tersebut rusak.

Jika dinamo Anda adalah dinamo mid-drive, lepas kaliper dan kendurkan rantai atau sabuknya.

BACA JUGA:GAMPANG BANGET !! Cara dan Syarat Memiliki Motor Listrik Subsidi

BACA JUGA:Tantangan dan Prospek Industri Motor Listrik di Pasar Global

Bila diputar terlalu kencang, dinamo atau BLDC bisa rusak. Selain itu, tanda-tanda kerusakan dinamo juga terlihat pada kabel fasa.

Jika roda belakang berputar kuat meski kabel fasa dilepas, tandanya dinamo rusak. Namun, jika semua kabel fasa dilepas dari pengontrol dan putus, maka terjadi putusnya kabel fasa.

Namun putaran yang kuat belum tentu menunjukkan kerusakan pada dinamo. Mungkin juga ada komponen pengontrol yang rusak sehingga sulit digunakan.

Jika salah satu dari tanda-tanda ini terjadi, kami menyarankan Anda segera membawa perangkat Anda ke bengkel sepeda motor listrik setempat atau menghubungi layanan purna jual untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:Mirip Banget! Inilah Daftar Motor Listrik yang Mirip dengan Motor Nmax

BACA JUGA:Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat NIGHT RIDE dengan Motor Listrik

Jika pada saat itu terdengar suara-suara aneh dari roda belakang, itu bukan dinamonya. Beberapa kerusakan hanya terjadi pada bantalan dinamo saja.

Yang menjadi ciri khasnya adalah dinamo mengeluarkan bunyi yang kasar, dan bunyi putaran dinamo tidak selembut dulu. Kerusakan seperti ini sering diabaikan oleh pengendara motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: