CANGGIH BANGET, Kekuatan Motor Listrik Saat Musim Hujan

CANGGIH BANGET, Kekuatan Motor Listrik Saat Musim Hujan

Kekuatan sepeda motor listrik jika digunakan saat musim hujan.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:Tantangan dan Prospek Industri Motor Listrik di Pasar Global

Dynamo juga sangat aman digunakan karena tidak perlu dibongkar untuk dibersihkan sehingga tidak ada debu atau air yang masuk dan merusak komponen. 

Namun saat membeli sepeda motor listrik, Anda perlu memperhatikan keselamatannya karena setiap pabrikan memiliki standar yang berbeda-beda. Bagian tertentu tidak boleh terkena air. 

Sepeda  motor listrik terbaru banyak yang menawarkan perlindungan cuaca tingkat tinggi baik di lingkungan panas dan kering serta lingkungan dingin dan basah.

Ada beberapa argumen yang melatarbelakangi klaim sepeda motor listrik aman dari hujan, mulai dari teknologi baterai, lapisan dinamo, dan sensor keselamatan lainnya.

BACA JUGA:Mirip Banget! Inilah Daftar Motor Listrik yang Mirip dengan Motor Nmax

BACA JUGA:Wajib Dicatat! Inilah Kesalahan dalam Perawatan Rem Motor Listrik yang Harus Dihindari

Baterai konversi sepeda motor listrik yang tersedia di Indonesia sebagian besar diproduksi di Tiongkok. Sebagai salah satu syarat kelayakan produksi, komponen ini harus memiliki kelas proteksi (IP rating) minimal IP 67.

Artinya IP 67 tahan terhadap debu dan cairan dan angka '6' berarti tahan terhadap segala debu dan angka 7 berarti tahan air dan cukup kuat untuk bertahan saat terendam.

Seperti halnya komponen baterai, dinamo penggerak yang biasanya terletak di pelek belakang atau tengah sepeda motor ini juga mendapat pelindung sekat karet khusus. 

Kabel menyatu dan terlindungi sehingga jika terjadi gangguan kelistrikan, komponen penting yang menjadi jantung motor listrik ini tetap aman.

Saat ini, kemampuan sepeda motor listrik untuk melewati banjir seperti sepeda tradisional masih terbatas, hanya dengan menggunakan setengah roda.

Jika pada sepeda motor konvensional terdapat risiko masuknya air ke dalam ruang bakar, pada sepeda motor listrik sangat penting untuk mencegah air masuk ke permukaan baterai.

Baterai sepeda motor listrik terletak di bawah jok dan menggantikan mesin sepeda motor tradisional.

Baterai di atas memiliki kabel yang menghubungkan ke komponen lain seperti pengontrol dan rentan rusak jika terkena air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: