Ini yang BENAR! Cara Merawat Baterai Agar Kinerja Motor Listrik Maksimal

Ini yang BENAR! Cara Merawat Baterai Agar Kinerja Motor Listrik Maksimal

Begini Lho Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Berkinerja Maksimal-Grid.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Salah satu elemen kunci yang perlu diperhatikan agar motor listrik tetap berkinerja maksimal adalah baterai. Maka perlu merawat baterai motor listrik agar bekinerja maksimal dan umur pakainya yang panjang. 

Salah satu yang sering diabaikan dalam mengisi baterai adalah overcharging. Sebaiknya, pastikan untuk tidak meninggalkan motor Anda terhubung dengan sumber daya listrik lebih dari yang diperlukan.

Pastikan bahwa baterai motor listrik Anda tetap berkinerja maksimal. Merawat baterai dengan baik akan menghemat biaya perawatan baterai jangka panjang, dan juga membantu mengurangi limbah elektronik yang dihasilkan.

Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Berkinerja Maksimal

1. Menghindari mengisi ulang dibawah 20%

Untuk memastikan bahwa motor listrik tetap berkinerja optimal, perawatan yang tepat terhadap baterainya sangatlah penting. Maka menghindari mengisi ulang baterai di bawah 20% adalah salah satunya.

BACA JUGA:LEBIH IRIT! Inilah 7 Keuntungan Membeli Motor Listrik Subsidi

BACA JUGA:JANGAN PANIK! Cukup Lakukan 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Motor Listrik yang Tiba-tiba Mati

Hindari mengisi ulang baterai ketika tingkat dayanya sudah mencapai di bawah 20%. Pengisian ulang baterai pada tingkat daya yang rendah dapat meningkatkan stres dan dapat mempercepat degradasi baterai dan mengurangi umur pakainya.

Saat tingkat daya baterai turun di bawah 20%, kemampuan baterai untuk menahan tegangan mulai menurun secara signifikan. Akibatnya, sel-sel baterai akan mengalami ketegangan yang lebih tinggi saat diisi ulang.

Mengisi baterai dibawah 20% yang dapat menyebabkan peningkatan suhu dan merusak struktur kimia dalam sel baterai. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan kapasitas baterai dan penurunan kinerja secara keseluruhan.

Maka disarankan untuk mengisi ulang baterai motor listrik saat tingkat dayanya masih berkisar diatas 20%. Pengisian ulang pada rentang ini membantu menjaga tegangan baterai dalam batas yang aman dan meminimalkan stres pada sel-sel baterai. 

Dengan demikian, menghindari mengisi ulang baterai motor listrik ketika tingkat dayanya sudah di bawah 20% merupakan langkah yang penting dalam merawat baterai agar tetap berkinerja maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: