Kesalahan Saat Mengendarai Motor Listrik yang Sering Dilakukan Pemula

Kesalahan Saat Mengendarai Motor Listrik yang Sering Dilakukan Pemula

Kesalahan-keasalah yang sering dilakukan para pemula saat mengendarai sepeda motor listrik.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kendaraan listrik memang sudah menjamur, tetapi cara mengoperasionalkannya masih banyak yang belum tahu. Kerap dijumpai kesalahan saat mengendarai motor listrik yang sering dilakukan pemula.

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengoperasikan sepeda motor listrik yang benar. Faktanya, kesalahan dalam penggunaan mesin bertenaga dinamo dapat menyebabkan kerusakan.

Beberapa orang yang belum pernah mengendarai sepeda motor listrik mungkin akan sedikit gugup saat pertama kali menggunakannya.

Selain itu, menggunakan sepeda motor listrik sangat berbeda dengan menggunakan sepeda motor tradisional, jadi jangan sampai lengah.

BACA JUGA:CARI CUAN dari Dealer Motor Listrik, Berikut Cara yang Harus Dipahami

BACA JUGA:PERHATIKAN !! Cara Mengganti Bearing Motor Listrik yang Benar

 

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemula sepeda motor listrik adalah menekan tuas gas secara sembarangan. Mengutip dari situs Gilamotor, ternyata hal tersebut dapat merusak sepeda motor listrik.

Alasannya, motor listrik menggunakan dinamo sebagai pengganti motor. Dinamo ini mempunyai peran untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik.

Melakukan karburator motor listrik secara sembarangan dapat merusak bagian dinamo tersebut. Pasalnya, ketika tekanan gas tidak menentu, pengontrol mendapat perintah untuk mengatur berapa banyak atau sedikit arus yang mengalir melalui dinamo.

Arus ini diproses oleh sensor sebelum diinput ke dinamo, sehingga putaran dinamo sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sensor ini mudah rusak jika pengemudi ceroboh dalam berakselerasi.

BACA JUGA:7 Cara Mencuci Motor Listrik Agar Tidak Korslet, Aman Tanpa Takut Kesetrum

BACA JUGA:TERUNGKAP! Inilah Penyebab Mengapa Motor Listrik Diragukan Keawetan Baterainya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: