Berkah Ramadan, Petani Kolang-Kaling di Cilacap Raup Untung Jutaan Rupiah Per Hari

Berkah Ramadan, Petani Kolang-Kaling di Cilacap Raup Untung Jutaan Rupiah Per Hari

Seorang petani saat merebus buah aren untuk dijadikan kolang-kaling di Desa Ujungbarang, Kecamatan Majenang.-Heri Susanto untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Bulan suci Ramadan memberikan berkah pada petani kolang-kaling. Salah satunya para petani di Desa Ujungbarang Kecamatan Majenang. Wilayah tersebut merupakan sentra pohon aren yang merupakan penghasil buah kolang-kaling. 

Turmono, salah satu petani desa setempat mengaku permintaan kolang-kaling saat bulan ramadan meningkat hingga 100 persen.

"Biasanya kita produksi setiap hari tidak mencapai 1 kwintal. Tapi pada bulan puasa, permintaan meningkat hingga kita produksi sampai 2 kwintal," katanya, Selasa (26/3/2024).

Bahkan saking banyaknya, Turmono memindahkan tempat pengolahan kolang-kaling miliknya hingga ditepi jalan raya agar masyarakat dapat dengan mudah membeli secara langsung.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Kepala Desa, Perangkat dan Anggota BPD di Cilacap Akan Dapat THR

BACA JUGA:893.270 Pemudik Diprediksi Masuk Cilacap pada Lebaran 2024

"Para petani kita suruh langsung kirim kesini. Nanti kita olah dengan direbus selama 2 jam, baru kolang-kaling kita keluarkan dan siap untuk dijual," lanjutnya.

Tingginya permintaan kolang-kaling, membuat Turmono harus menambah pekerja untuk pengolahan. Awalnya hanya 5 orang, saat ini ia mempekerjakan 10 orang dengan omzet mencapai jutaan dalam satu hari.

"Banyak permintaan yang datang dari luar kota, sehingga kita tambah pekerja. Kalau omzet Alhamdullilah mencapai jutaan dalam satu hari," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: