PERHATIKAN !! Cara Mengganti Bearing Motor Listrik yang Benar

PERHATIKAN !! Cara Mengganti Bearing Motor Listrik yang Benar

Cara yang harus diperhatikan jika Anda akan mengganti bearing motor listrik Anda.-Fahma Ardiana-

BACA JUGA:INI BEDANYA! Karakteristik Kemudi Motor Listrik dengan Motor Konvensional

Melepaskan Bearing Lama

Melepaskan bantalan lama bisa menjadi pekerjaan yang membosankan, terutama jika bearing tersebut telah digunakan selama bertahun-tahun, dan korosi pada permukaan membuatnya tetap melekat erat pada poros.

Pendekatan terbaik adalah dengan menggunakan penarik bearing.

Ada beberapa tipe berbeda yang umum menggunakan dua atau tiga rahang yang dijepit di sekitar bantalan untuk menciptakan gaya yang merata dan meminimalkan hambatan gesekan.

Meskipun beberapa penarik dilengkapi bantuan hidrolik, hal ini biasanya tidak diperlukan untuk motor kecil hingga menengah.

Penggunaan alat tersebut memerlukan kehati-hatian ekstra untuk mencegah kerusakan pada poros motor listrik, dan meminimalkan risiko keselamatan pribadi.

Memotong bearing dengan perkakas motor listrik sebaiknya dihindari, karena ada risiko tinggi merusak motor listrik berharga Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghilangkannya, risikonya lebih kecil jika dilakukan oleh spesialis. Sebelum memasang bantalan baru, periksa bantalan lama untuk mencari tanda-tanda penyebab kegagalan, seperti kerusakan akibat korosi atau adanya air atau partikel pasir dalam pelumasan.

Jika masalah tidak ditemukan dan tindakan yang tepat tidak diambil untuk memperbaikinya, bearing baru mungkin akan mengalami nasib serupa.

Memanaskan Bearing

Bantalan dirancang agar pas, dengan toleransi sepersepuluh ribu inci, memasukkannya ke poros bisa jadi sulit. Salah satu cara untuk mempermudah prosesnya adalah dengan memanaskan bantalan untuk mengembang dan mendinginkan poros motor listrik untuk mengecilkannya.

Inilah yang bisa membedakan antara pekerjaan mudah dan pekerjaan sulit. Kami menyarankan Anda memanaskan bantalan menggunakan pemanas induksi yang sesuai dengan siklus demagnetisasi yang dirancang untuk pekerjaan tersebut.

Memasang Bearing Baru

Pasang bantalan baru dengan kit pemasangan bantalan yang tepat, yang berisi peralatan yang diperlukan seperti palu pukulan mati dan selongsong tumbukan, yang membantu Anda menghindari kerusakan pada bantalan dan poros motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: