8 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental

8 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental

Beragam Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Mental -Glamour Uk-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Manfaat memelihara kucing bagi kesehatan mental bukan hanya membuat bahagia, tetapi juga memberikan dampak baik bagi perasaan dan juga pikiran kita. 

Kucing memang sudah menjadi salah satu binatang peliharaan yang populer di kalangan masyarakat. Tak hanya karena menggemaskan, kucing banyak dipelihara karena memberikan banyak manfaat dan salah satunya untuk kesehatan mental. 

Jadi, apa saja manfaat yang bisa diterima bagi kesehatan mental jika memelihara kucing? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. 

1. Dengkuran Kucing bisa Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejak lama, kucing telah menjadi teman setia manusia. Awalnya mereka memelihara kucing untuk menjaga lumbung padi mereka dari serangan tikus. Namun seiring dengan berjalannya waktu, memelihara kucing menjadi gaya hidup yang umum. 

BACA JUGA:5 Hewan Peliharaan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mental

BACA JUGA:7 Rutinitas Pagi untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Bagi pecinta kucing, pasti sudah tidak asing lagi dengan suara dengkuran hewan satu ini. Dengkuran yang dihasilkan kucing memiliki frekuensi yang stabil loh, yaitu berkisar 25 sampai 150 hertz. 

Dengkuran sering dianggap memiliki efek menenangkan dan bahkan dapat memberikan manfaat kesehatan. Meskipun belum semua detailnya dipahami secara lengkap, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan dengkuran bisa berdampak positif pada tingkat stres dan sistem kekebalan tubuh manusia.

2. Mengurangi Rasa Cemas

Selain mengurangi stress, manfaat kucing bagi kesehatan mental yaitu dapat mengurangi perasaan cemas. Hal ini dikarenakan interaksi dengan kucing, seperti menyisir bulu atau bermain dengan mereka, dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih tenang dan bahagia. 

Selain itu, kehadiran kucing di sekitar kita juga dapat memberikan perasaan kenyamanan dan kehadiran yang dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Dengan demikian, memelihara kucing bisa menjadi bagian dari strategi self-care yang efektif untuk menjaga kesehatan mental.

BACA JUGA:3 Metode Self Care yang Bisa Menghilangkan Kecemasan Agar Kesehatan Mental Tetap Positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: