Tertawa Bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Tertawa Bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Kamu Bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental, Hanya Dengan Tertawa Lho-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tertawa ternyata memiliki manfaat untuk mencegah gangguan kesehatan mental. Sebuah kegiatan yang bisa kita lakukan secara spontan saat sedang menikmati momen menyenangkan, seperti menonton tayangan lucu.

Tertawa memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesejahteraan mental kita. Salah satunya adalah pelepasan hormon endorfin yang terjadi ketika kita tertawa. Hormon endorfin ini dapat meningkatkan suasana hati kita.

Tidak hanya itu, tertawa juga bisa menjadi bentuk terapi yang efektif untuk meningkatkan kondisi kesehatan mental. Saat kita tertawa, otak kita dilepaskan dari stres dan kecemasan yang mungkin kita alami. 

Mengingat manfaat yang besar dari tertawa terhadap kesehatan mental kita, penting bagi kita untuk menerapkan lebih banyak momen tertawa dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mencegah ganguan kesehatan mental. 

Alasan Kenapa Tertawa Bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

1. Mengurangi stres

Tertawa memiliki dampak yang signifikan dalam mencegah gangguan kesehatan mental. Salah satu alasannya adalah kemampuannya untuk mengurangi stres, yang merupakan faktor utama penyebab gangguan kesehatan mental.

BACA JUGA:Ciri-Ciri dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental GERD Anxiety Secara Alami, Solusi yang Efektif untuk Kesehatan Ment

Manfaat pertama dari tertawa adalah kemampuannya untuk mengurangi stres secara efektif. Saat seseorang tertawa, beban pikiran yang mungkin membuatnya stres sedikit demi sedikit berkurang. 

Ini karena tertawa merangsang pelepasan hormon endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, sementara juga mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol, epinefrin (adrenalin), dan dopamin.

Ketika kita tertawa, sirkulasi darah meningkat dan otot-otot kita menjadi lebih santai, membantu tubuh untuk merespons secara positif terhadap stres dan menciptakan perasaan relaksasi yang mendalam.

Penting untuk diingat bahwa stres yang tidak diatasi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan mental. Oleh karena itu, memiliki cara efektif untuk mengurangi stres, seperti tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: