10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Personality Disorder

10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Personality Disorder

10 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Personality Disorder-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa yang Anda ketahui tentang gangguan kepribadian (personality disorder)? Apa saja jenis gangguan kepribadian (personality disorder)? dan bagaimana cara mengatasinya?

Gangguan kepribadian (personality disorder) merupakan jenis gangguan kesehatan mental yang memengaruhi pola pikir dan perilaku seseorang. Gangguan ini menciptakan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain dan membatasi kemampuan dalam kegiatan sosial. Berikut jenisnya:

Jenis Gangguan Kesehatan Mental Personality Disorder

Gangguan kesehatan mental personality disorder adalah kondisi yang memengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku. Kondisi ini dapat mengganggu hubungan interpersonal dan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan. 

1. Paranoid Personality Disorder

Individu dengan gangguan ini cenderung memiliki kecenderungan untuk selalu curiga dan tidak percaya pada orang lain, termasuk teman, keluarga, dan bahkan pasangan mereka sendiri. 

Mereka sering merasa bahwa orang lain memiliki motif tersembunyi atau berniat jahat terhadap mereka,. Hal ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk membangun hubungan yang sehat dan memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka secara signifikan.

2. Schizoid Personality Disorder

Pada gangguan ini, individu cenderung memiliki kecenderungan untuk menyendiri dan tidak tertarik pada interaksi sosial. Mereka mungkin memilih untuk menjalani hidup secara terisolasi, tanpa dekat dengan orang lain. 

Respons emosional terhadap situasi sosial atau perasaan orang lain juga sering kali kurang atau bahkan tidak ada. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam membentuk dan mempertahankan hubungan interpersonal yang bermakna.

BACA JUGA:Ciri-Ciri dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental GERD Anxiety Secara Alami, Solusi yang Efektif untuk Kesehatan Ment

3. Skizotypal Personality Disorder

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: