Risiko Gangguan Kesehatan Mental dengan Konsumsi Alkohol

Risiko Gangguan Kesehatan Mental dengan Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi Alkohol, Berisiko Gangguan Kesehatan Mental Lho-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Alkohol, meskipun sering dikonsumsi untuk merasa tenang dan santai dalam waktu singkat, sebenarnya dapat berdampak buruk memperbesar risiko gangguan kesehatan mental. Karena dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan memicu perilaku yang berbahaya.

Banyak orang yang menghadapi gangguan stres, depresi, atau cemas cenderung menggunakan alkohol. Namun, penggunaan alkohol justru dapat memperburuk kondisi mental seseorang dan memperbesar risiko terjadinya masalah kesehatan mental.

Tidak jarang, seseorang dapat didiagnosis mengalami gangguan kesehatan mental dan penyalahgunaan alkohol secara bersamaan. Gejala alkoholisme dan penyakit mental sering kali saling mempengaruhi dan memperburuk kondisi satu sama lain. 

Jika tidak ditangani dengan tepat, maka kondisi mental yang terkait dengan ketergantungan alkohol dapat berkembang menjadi lebih parah dan berdampak negatif pada kehidupan pasien serta keluarganya.

Penyebab Alkohol Berisiko Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjaga kesejahteraan kita. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mental adalah keseimbangan neurotransmitter dalam otak. 

BACA JUGA:Ciri-Ciri dan Penyebab Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental GERD Anxiety Secara Alami, Solusi yang Efektif untuk Kesehatan Ment

Neurotransmitter adalah zat kimia yang bertanggung jawab untuk mengirim sinyal antar sel saraf. Ketika terjadi ketidakseimbangan neurotransmitter, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan mental atau gangguan perilaku.

Alkohol, sebagai jenis depresan, memiliki kemampuan untuk mengganggu keseimbangan neurotransmitter dalam otak. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, perilaku, dan bahkan kesehatan mental. 

Sebagai contoh, perasaan tenang yang sering dirasakan setelah mengonsumsi alkohol disebabkan oleh perubahan kimia dalam otak. Namun, perubahan kimia yang terjadi dapat meningkat dan menyebabkan efek kebalikannya, yaitu timbulnya emosi yang negatif.

Dampak negatif ini dapat berdampak serius pada kesehatan mental. Terlebih lagi, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan, atau bahkan gangguan kepribadian.

Gangguan Kesehatan Mental yang Muncul Akibat Mengkonsumsi Alkohol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: