Banner v.2

25 Persen Lebih Garang

25 Persen Lebih Garang

Dengan sedikit keleluasaan regulasi desain knalpot, mobil Formula 1 generasi 2016 akan bersuara lebih garang. Kabarnya volume suara tersebut akan naik hingga 25 persen dibandingkan versi tahun lalu. Sejak peralihan mesin dari V8 ke V6 turbo hybrid fans F1 mengeluhkan suara mobil yang terlalu “sopan”. Fakta tersebut ikut mendorong beralihnya penonton F1 di sirkuit ke balapan lain yang lebih sangar, seperti MotoGP. Jika dengan mesin V8 (musim 2013) kekuatan suara mobil tercatat maksimal hingga 140-145 decible, mesin V6 hanya menyemburkan suara 134 decible. Penurunan sampai 10 decible itu membuat balapan jet darat itu sepi penonton. Sebagai evaluasi Dewan Motor Sport Dunia menyetujui perubahan regulasi untuk mengejar suara yang lebih garang pada mobil 2016. Intinya memisahkan katup saluran buang alias wastegate dan pipa knalpot itu sendiri. ’’Wastegate dalam mesin turbo modern tidak terbuka terlalu besar. Kami punya motor generator yang melekat ke turbocharger dimana salah satu cara bagi memaksimalkan energi dan mengontrol kecepaatan kompresor,’’ jelas Kepala Mekanik Williams Pat Symonds dikutip Autosport. Pada saat balapan wastegate dibuka cukup lebar dan pada kualifikasi pembukaannya tidak sebesar ketika balapan. ’’Mungkin anda berpikir jika tidak membuka wastegate lebar-lebar suara yang didapat tidak akan garang. Tapi itu tidak sepenuhnya benar,’’ katanya. Karena dengan regulasi baru dimungkinkan ada pipa yang menyambungkan wastegate dan pipa utama knalpot. Artinya meski wastegate tertutu total pun, pipa penyambung tersebut berfungsi seperti silencer di knalpot pada umumnya. ’’Dengan membebaskan saluran tersebut suara knalpot akan lebih keras,’’ Symonds menyimpulkan. Dengan kondisi wastegate tertutup pemisahan dua pipa saluran buang itu akan menambah keras suara knalpot hingga 14 persen. ’’Nah dengan kondisi wastegate terbuka peningkatannya sampai 20-25 persen,’’ tandasnya. Sejak mesin baru diperkenalkan dua tahun lalu suara knalpot F1 lebih keras secara bertahap. ’’Lebih banyak tekanan pada silinder mesin suaranya bisa lebih keras. Dengan bertambahnya power mesin secara natural suara yang dimuntahkan pasti lebih keras,’’ pungkasnya. Karena itu pengembangan mesin yang mengarah pada penambahan power sudah barang tentu akan menambah suara knalpot.(cak)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: