Pemkab Komitmen Mudahkan Layanan Publik
Bupati Kebumen, Lilis Nuryani menghadiri peluncuran Geladi Desa di Mexolie Hotel Kebumen, Kamis (18/9).--
KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen meluncurkan inovasi Gerai Layanan Digital di Desa (Geladi Desa) untuk menjawab keluhan warga yang selama ini kesulitan mengurus dokumen kependudukan.
Inovasi tersebut bertujuan mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) agar lebih mudah dan efisien. Peluncuran Geladi Desa ini berlangsung di Mexolie Hotel Kebumen, Kamis (18/9).
Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kebumen, Lilis Nuryani, didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat R Agung Pambudi, Kepala Disdukcapil Jamal Darwanto, perwakilan dari Dinas PMD dan Komisi A DPRD Kebumen, serta 23 camat dan 179 kepala desa/lurah se-Kabupaten Kebumen.
Dalam sambutannya, Bupati Lilis Nuryani menekankan pentingnya komitmen bersama untuk meningkatkan pelayanan publik.
"Ke depan, Pemkab melalui Disdukcapil akan terus mendampingi desa dan kelurahan serta memperkuat pelatihan operator layanan digital," tutur Bupati Lilis.
Ia menambahkan, tujuan inovasi ini tidak hanya mempercepat dan mempermudah pelayanan, tetapi juga membuatnya lebih adil, transparan, dan ramah bagi masyarakat.
Kepala Disdukcapil Kebumen, Jamal Darwanto, mengungkapkan kini dari 460 desa/kelurahan yang ada, baru 281 di antaranya (61 persen) yang sudah melayani adminduk di tingkat desa. Sisanya, 179 desa atau 39 persen masih dalam proses atau belum terlayani.
"Tiga kecamatan yang seluruh desanya sudah bisa melaksanakan pelayanan adminduk daring adalah Kecamatan Ayah, Padureso dan Sadang," jelasnya.
Dalam implementasinya, setiap desa/kelurahan yang menjadi pelaksana layanan wajib memenuhi 11 poin komitmen, di antaranya menyediakan tempat, sarana, dan petugas, mendukung implementasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), serta memberikan pelayanan prima tanpa memungut biaya dari warga
Meskipun masih menghadapi tantangan seperti ketidakstabilan jaringan internet di beberapa lokasi dan kebutuhan pendampingan SDM, inovasi ini diharapkan dapat menjadi solusi nyata untuk mendekatkan layanan adminduk kepada seluruh warga Kebumen. (mam)
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

