10 Hal yang Membuat Pengajuan KPR Rumah Ditolak oleh Bank

Kamis 01-02-2024,10:21 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Susi Dwi Apriani

Bank memerlukan berbagai dokumen untuk menilai kestabilan keuangan Anda, seperti slip gaji, rekening bank, dan dokumen kepemilikan aset. Jika Anda tidak dapat menyediakan dokumen-dokumen ini atau dokumen yang disediakan tidak lengkap, bank mungkin akan menolak permohonan KPR Anda.

BACA JUGA:Dorong Bisnis KPR, Bank Mandiri Kolaborasi dengan Agung Podomoro Land Gelar Find Your Property with Easy Pay

BACA JUGA:BSI, PP Muhammadiyah, BP Tapera, & Perumnas Berkolaborasi, Maksimalkan Penyaluran KPR Syariah

5. Nilai Properti yang Tidak Sesuai 

Bank biasanya melakukan penilaian properti sebelum memberikan KPR. Jika nilai properti yang Anda inginkan tidak sesuai dengan nilai yang ditetapkan oleh bank, permohonan KPR Anda bisa ditolak.

6. Status Pekerjaan yang Tidak Stabil 

Bank juga mempertimbangkan stabilitas pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki riwayat pekerjaan yang tidak stabil atau baru saja berganti pekerjaan, bank mungkin meragukan kemampuan Anda untuk membayar KPR secara konsisten.

7. Usia yang Tidak Memenuhi Persyaratan

Beberapa bank memiliki batasan usia untuk peminjam KPR. Jika usia Anda tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan, permohonan KPR Anda dapat ditolak.

8. Penghasilan yang Tidak Dapat Dibuktikan

Jika Anda memiliki penghasilan tambahan yang tidak dapat dibuktikan secara resmi, bank mungkin tidak mempertimbangkan penghasilan tersebut dalam menilai kemampuan Anda untuk membayar KPR.

BACA JUGA:10 Penyebab Harga Rumah dan Tanah Semakin Mahal Setiap Tahunnya

BACA JUGA:Ide Bisnis Rumahan yang Patut Untuk Dicoba

9. Keterlambatan Pembayaran Pajak atau Tagihan Utilitas

Bank juga melihat seberapa baik Anda dalam membayar tagihan bulanan lainnya, seperti pajak properti dan tagihan utilitas. Jika Anda memiliki riwayat keterlambatan pembayaran, bank mungkin meragukan keteraturan pembayaran KPR Anda.

10. Penilaian Subjektif Bank

Kategori :