Bulu Mata Magnet, Trend Baru atau Ancaman Kesehatan Mata?

Rabu 31-01-2024,09:58 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bulu mata magnet (magnetic lashes) sedang menjadi perhatian banyak wanita karena dianggap lebih praktis daripada teknik melentikkan bulu mata lainnya. Namun, bagaimana dari segi keamanan penggunaan bulu mata magnet dari perspektif medis? Temukan informasinya di artikel ini!

Pada dasarnya, penggunaan bulu mata magnet hampir sama dengan bulu mata palsu konvensional. Yang membedakannya, bulu mata jenis ini dilengkapi dengan magnet dan menggunakan eyeliner cair yang juga mengandung magnet untuk menempel di kelopak mata tanpa lem.

Selain itu, bulu mata magnet juga ada dalam bentuk lain yang disebut tipe sandwich, di mana dua bulu mata yang mengandung magnet ditempelkan di atas dan di bawah bulu mata asli.

Keamanan Penggunaan Bulu Mata Magnet

Penggunaan bulu mata magnet terbilang aman asalkan dilakukan dengan benar dan produknya telah disetujui oleh BPOM RI. Bahkan, produk ini dianggap lebih aman daripada bulu mata yang menggunakan lem, lash lift, dan eyelash extension karena risiko iritasi yang lebih rendah.

BACA JUGA:6 Cara Mudah Melentikkan Bulu Mata, Anti Ribet!

BACA JUGA:4 Tips Membuat Bulu Mata Lentik yang Bisa Kamu Coba

Seperti halnya bulu mata palsu lainnya, bulu mata magnet dapat terbuat dari bahan sintetis atau alami, seperti benang sutra, bulu hewan, atau rambut manusia. Formula untuk eyeliner magnetik pada dasarnya sama dengan eyeliner biasa, hanya dengan kandungan iron oxide yang lebih tinggi.

Bulu mata magnet juga lebih ekonomis karena dapat digunakan berulang kali dan aplikasinya lebih mudah. Selain itu, eyeliner magnetik umumnya tahan air dan mudah dihapus dengan makeup remover dibandingkan lem bulu mata.

Namun, penggunaan bulu mata magnet tetap memiliki risiko efek samping jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan menjaga kebersihan. Beberapa risiko umum meliputi:

  1. Kelopak mata terjepit saat penggunaan.
  2. Reaksi alergi terutama pada individu dengan riwayat eksim atau dermatitis kontak.
  3. Risiko bulu mata rontok.
  4. Penurunan kelopak mata.
  5. Infeksi mata seperti bintitan atau blefaritis.

BACA JUGA:Tips Miliki Bulu Mata Lentik yang Awet dan Tahan Lama

BACA JUGA:Kenali 5 Potensi Bahaya Eyelash Extension pada Kesehatan Mata Apabila Penggunaannya Tidak Tepat

Selain itu, jika penggunaan bulu mata magnet tidak sesuai dengan instruksi, dapat menyebabkan bulu mata terlepas dan menimbulkan cedera pada mata. Ini bisa meningkatkan risiko abrasi kornea yang serius dan memerlukan penanganan medis yang tepat.

Tips Praktis Menggunakan Bulu Mata Magnet

Kategori :