Ragam Manfaat Probiotik Beserta Contohnya, Sangat Baik Untuk Usus

Sabtu 13-01-2024,05:23 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Mereka menyediakan dosis konsentrasi tinggi bakteri baik dan seringkali disarankan untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

3. Tempe


Tempe adalah produk fermentasi yang berasal dari kedelai. Selain menjadi sumber protein nabati yang baik, tempe juga mengandung probiotik seperti Rhizopus, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan usus.

BACA JUGA:10 Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Tulang, Jadi Awet Muda!

BACA JUGA:5 Manfaat Jambu Biji bagi Kesehatan, Bisa Kontrol Berat Badan Juga!

4. Kimchi

Kimchi, hidangan fermentasi khas Korea, terbuat dari sayuran seperti sawi dan wortel yang difermentasi dengan berbagai bumbu. 

Probiotik yang ditemukan dalam kimchi, seperti Lactobacillus dan Leuconostoc, dapat memberikan manfaat positif bagi pencernaan.

5. Miso

Miso adalah pasta fermentasi Jepang yang terbuat dari kedelai, gandum, atau beras yang difermentasi dengan jamur Aspergillus oryzae. 

Selain memberikan rasa unik pada masakan, miso juga mengandung probiotik yang bermanfaat.

Probiotik memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama dalam menjaga keseimbangan mikrobiota usus dan mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Dengan memasukkan makanan fermentasi dan suplemen probiotik ke dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan merasakan manfaat positif lainnya.

Ragam manfaat probiotik beserta contohnya dapat kalian jadikan acuan untuk menjaga kesehatan fisik bahkan hingga mental. (okt/*)

Kategori :