6 Tanda Anak Mengalami Keterlambatan Pertumbuhan yang Harus Diperhatikan

Minggu 17-12-2023,19:11 WIB
Reporter : Dhani Dwi
Editor : Laily Media Yuliana

 

Jika orang tua mencurigai keterlambatan motorik pada anak, sebaiknya mereka berkonsultasi dengan dokter anak atau terapis rehabilitasi anak. Evaluasi lebih lanjut dapat membantu mengidentifikasi penyebab potensial dan merancang intervensi yang sesuai untuk mendukung perkembangan motorik yang optimal.

3. Keterlambatan Berbicara

Keterlambatan berbicara pada anak bisa menjadi sinyal penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Tanda-tanda ini mencakup kesulitan dalam pengucapan kata-kata, perkembangan bahasa yang lebih lambat dibandingkan dengan anak sebaya, atau kesulitan dalam memahami dan mengikuti instruksi verbal. 

Jika orang tua mengamati gejala ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli bicara atau dokter anak. Penilaian lebih lanjut dapat membantu menentukan apakah keterlambatan berbicara terkait dengan masalah perkembangan atau faktor lain yang memerlukan perhatian khusus. 

BACA JUGA:Tips agar Anak Tidak Mengalami Speech Delay alias Terlambat Bicara

BACA JUGA:6 Daftar Makanan Bergizi Untuk Mencegah Stunting pada Anak

 

4. Kesulitan Sosial Dan Emosional

Kesulitan sosial dan emosional pada anak dapat tercermin dalam perilaku mereka dalam interaksi sosial dan ekspresi emosi. Beberapa tanda yang mungkin muncul meliputi kesulitan berinteraksi dengan teman sebaya, kesulitan memahami atau mengekspresikan emosi, atau respon emosional yang tidak sesuai dengan situasi tertentu. 

Orang tua yang mengamati adanya kesulitan sosial dan emosional pada anak sebaiknya berkonsultasi dengan ahli perkembangan anak atau psikolog. Evaluasi lebih lanjut dapat membantu mengidentifikasi faktor penyebab dan merancang strategi pendukung yang sesuai agar anak dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosionalnya dengan lebih baik.

5. Kesulitan Belajar

BACA JUGA:Mengenali 5 Gejala Cacingan pada Anak dan Langkah Mengatasinya!

BACA JUGA:8 Cara Melatih Anak Bermain Sepeda Tanpa Pedal untuk Mengasah Keterampilan Motorik Sejak Usia Dini

Kesulitan belajar pada anak dapat mencakup tantangan dalam memahami dan menguasai keterampilan akademis seperti membaca, menulis, atau berhitung. Gejala yang dapat diperhatikan meliputi kesulitan menangkap konsep-konsep pelajaran, penurunan kinerja sekolah, atau frustrasi terkait dengan tugas-tugas belajar. 

Jika Orang tua yang mengidentifikasi kesulitan belajar pada anak sebaiknya mencari bantuan dari guru, spesialis pendidikan, atau psikolog sekolah. valuasi menyeluruh dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan spesifik anak dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai. Memberikan dukungan yang tepat dan berfokus pada pendekatan yang memadai dapat membantu anak mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan prestasi akademisnya.

Kategori :