Penuh Warna dan Manfaat, Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Bunga Tabebuya

Kamis 07-12-2023,12:52 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Puput Nursetyo

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Menambah Nilai Estetika di Dalam Rumah

Merah muda menjadi salah satu warna yang paling umum ditemui, namun bunga tabebuya juga hadir dalam berbagai warna lain, seperti:

  • Emas atau kuning
  • Putih cerah
  • Ungu atau magenta
  • Merah

Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 49 meter, meskipun ada pula yang berukuran lebih kecil, sekitar 7,5 meter atau bahkan kurang dari itu. Bunga tabebuya memiliki batang yang mampu menghasilkan sejumlah besar bunga, dan hampir semua varietasnya memiliki ciri khas daun berwarna keperakan.

3. Tidak Mudah untuk Ditanam

Selain itu, salah satu fakta menarik bunga tabebuya yaitu sangat mudah ditanam. Tanaman ini cenderung tumbuh dengan tidak teratur dan berukuran kecil saat masih muda. Oleh karena itu, diperlukan tanah yang memiliki drainase baik untuk proses pemupukan.

BACA JUGA:Penghujan Tiba, Penyiraman Tanaman Median Jalan Dihentikan

BACA JUGA:Tanaman Eceng Gondok Menumpuk, Warga Bersih-Bersih Sungai Kedung Pasung, Cilacap

Seluruh proses penanaman sangat penting dan berpengaruh dalam memberikan warna yang indah pada bunga. Saat pohon telah tumbuh besar, cocok digunakan sebagai tanaman di pinggiran jalan besar, sementara yang masih muda lebih baik ditempatkan sebagai hiasan di pekarangan rumah.

4. Musim Pertumbuhannya Berbeda di Setiap Negara

Di Indonesia, bunga ini dapat tumbuh dan mekar sekitar bulan Maret dan April. Di negara bagian selatan, bunga terompet tumbuh dan mekar sekitar bulan Juli hingga September. Varietas yang tumbuh di daerah India, sebaliknya, tumbuh subur pada akhir tahun, sekitar bulan Desember hingga Januari.

5. Cocok untuk Pertumbuhan di Luar Ruangan

Fakta menarik bunga tabebuya yang selanjutnya yaitu menurut penelitian dari University of Florida, bunga tabebuya sangat cocok untuk ditanam di luar ruangan. Tanaman ini tumbuh optimal ketika terpapar sinar matahari penuh dan ditanam di tanah yang subur dengan tingkat kelembaban yang sedang. Selain itu, perlu dihindarkan dari embun beku. Bunga tabebuya sering ditempatkan di area perkotaan atau ruang terbuka yang luas.

6. Daya Tahan yang Tinggi

Tabebuya mampu beradaptasi dengan lokasi yang menerima sinar matahari dari sedang hingga penuh. Pemangkasan batang tua dan kayu mati yang rapuh menjadi bagian penting dari perawatan pohon tabebuya. Pohon ini relatif tahan terhadap hama dan penyakit. Keberlanjutan hidup tanaman ini sangat dipengaruhi oleh perawatan dan pemeliharaan yang rutin karena masa mekarnya yang singkat.

BACA JUGA:Jalan-Jalan Sambil Belajar Tanaman di Taman Botani Baturraden

BACA JUGA:Tanaman Bawang Merah di Banyumas Diserang Hama Ulat

Kategori :