Bronjong Sabut Kelapa Efektif Cegah Abrasi, Sudah Ratusan Bronjong Terpasang di Pantai Cilacap

Kamis 19-10-2023,16:31 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk menanggulangi bencana alam, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap memanfaatkan kerajinan setempat, berupa bronjong sabut kelapa.

Kerajinan ini berasal dari perajin di wilayah Kecamatan Kroya. Selain bagus untuk menangani bencana, juga dapat meningkatkan perekonomian setempat. 

"Bronjong sabut kelapa ini digunakan untuk menangani abrasi di wilayah Cilacap. Selain memberdayakan masyarakat, juga dapat mengangkat perekonomian setempat," kata Plt Kalak BPBD Cilacap, Erna Suharyati.

Dikatakan Erna, saat ini penggunaan bronjong sabut kelapa sudah mencapai 520 buah yang terpasang di pesisir Pantai Cilacap. Dengan rincian, 300 buah di Pantai Sidayu Binangun dan 220 buah di Pantai Bungso Nusawungu.

BACA JUGA:Abrasi di Pesisir Cilacap Makin Parah, BPBD Cilacap Pasang 150 Bronjong Sabut Kelapa di Pantai Bungso

BACA JUGA:Abrasi di Sepanjang Pesisir Cilacap Makin Parah, Dibuat Inovasi Tanggul Bronjong Serabut Kelapa

Tak hanya itu, inovasi pengguna bronjong sabut kelapa juga mendapatkan penghargaan dalam Tangguh Award 2023. Hal ini dikarenakan penggunaan bronjong tersebut dinilai mampu menjadi salah satu penanggulangan abrasi pantai.

"Bronjong tersebut nantinya akan dapat membentuk tanggul alami. Setelah pemasangan bronjong akan membuat tanggul secara otomatis, jadi ombak yang membawa pasir, pasirnya akan meninggi menjadi tanggul," ujar Erna. (ray)

Kategori :