Apa itu Komponen Kredit Mobil? Berikut Penjelasannya Agar Tidak Gagal Paham!

Kamis 28-09-2023,05:43 WIB
Reporter : Okta Novanto
Editor : Puput Nursetyo

Masa tenor dari pinjaman akan mempengaruhi besar atau kecilnya suku bunga dari cicilan kalian. Makin lama jangka waktu atau tenor pinjaman maka  akan semakin tinggi pula suku bunga yang dikenakan pada cicilan.

Setiap Bank maupun Lembaga Keuangan punya nilai suku bunga yang berbeda. Namun, sejak tahun 2017, besar suku bunga KPM per tahun ada pada rentang 6% hingga 8%.

Adapun metode penghitungan bunga KPM didapat dengan cara menghitung pokok kredit dikali persentase suku bunga dan jangka waktu pinjaman.

BACA JUGA:Jenis KUR BRI 2023 untuk Para Pengusaha Kuliner

BACA JUGA:Syarat KUR BRI 2023 Sangat Mudah, Ini Alamat Bank BRI di Purwokerto untuk Mengajukan KUR

  • Besaran Cicilan KPM

Besaran dari cicilan kredit pemilikan mobil (KPM) ditentukan dengan dua komponen yaitu bunga dan pokok cicilan. Besaran cicilan yang harus kalian bayarkan diperoleh dari cara menghitung pokok kredit ditambah bunga, kemudian dibagi dengan tenor kredit kalian.

  • Biaya Administrasi

Setiap debitur akan menerapkan biaya admin yang berbeda. Tentu tergantung pada kebijakan Bank atau lembaga keuangan masing-masing.

Namun secara umum, ada formula dalam menghitung besaran biaya admin dari kredit mobil. Yakni 2% PKB dari harga mobil sebelum ditambah pajak dan 10% BBNKB dari harga jual mobil.

Sekarang kalian sudah paham mengenai komponen kredit mobil. Sehingga tak perlu bingung lagi saat menghadapi Dealer Mobil dan Bank atau Lembaga Keuangan yang hendak bekerja sama dengan kalian dalam KPM. (okt/*)

Kategori :