Tips Belajar Efektif! Gimana Sih Caranya Konsisten

Rabu 20-09-2023,20:03 WIB
Reporter : Fani Aristianti
Editor : Fani Aristianti

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Perlu dipahami bahwa ternyata otak kita mampu untuk mengingat atau menghafalkan informasi sebanyak 2,5 Petabyte.

Atau setara dengan 30 juta jam memutar video yang ada di Youtube. Akan tetapi, untuk mempertahankan potensi otak kita agar bisa digunakan secara efektif. 

Ada beberapa cara belajar efektif yang bisa kita terapkan, tentu saja harus melalui proses belajar yang baik dan benar. Berikut ini adalah tips-tips Belajar Efektif :

- Belajar di Pagi Hari, Ketika belajar di pagi hari otak akan bekerja secara optimal untuk menyerap informasi. 

BACA JUGA:Dapat Kuota 30 Lembaga, 22 Raudhatul Athfal (RA) di Banyumas Belum Maju Akreditasi

Sehingga kamu pun akan lebih mudah dalam menyerap materi yang sedang kamu pelajari.

Mulailah dengan materi yang lebih mudah dan tidak terlalu menantang agar dapat membantu kamu dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar secara bertahap.

- Membuat Rencana Belajar, Dengan memiliki rencana belajar yang jelas, kamu dapat lebih fokus dan dapat mengelola waktu belajar dengan lebih efisien.

Setelah rencana belajar selesai, patuhi jadwal yang telah ditetapkan pada rencana belajar yang sudah spesifik dan terstruktur tersebut. 

BACA JUGA:Sanggar Pramuka Kwaran Pekuncen Banyumas Diresmikan

- Membuat catatan rangkuman intisari dari suatu pembelajaran,dan cobalah membuat dan mendesain catatanmu dengan kreatif dan warna yang bervariasi sesuai dengan selera kamu.

Catatan ringkas yang mencakup pokok-pokok pembelajaran setiap selesai mempelajari suatu topik.

Hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk memahami materi, Kamu bisa mulai mencatatnya pada kertas memo, gatget ataupun buku tulis catatan.

- Belajar di lingkungan yang mendukung dan nyaman, Tempat belajar yang nyaman dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas individu.

BACA JUGA:Minim Fasilitas, Taman Kota Ajibarang Banyumas Disorot

Kategori :